Ilmuwan Temukan Spesies Ayam Mirip Dinosaurus di Tiongkok

Oleh Liputan6 pada 04 Mei 2017, 17:03 WIB
Diperbarui 06 Mei 2017, 16:14 WIB
Ilmuwan Temukan Spesies Ayam Mirip Dinosaurus di Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta Ilmuwan di Tiongkok baru-baru ini menemukan dinosaurus yang sangat mirip dengan ayam seperti yang kita kenal sekarang ini.

Spesies yang baru ditemukan ini dijuluki Jianianhualong tengi. Hewan purba ini diperkirakan hidup 125 juta tahun yang lalu. Sekelompok ahli paleontologi menemukan fosil spesies sepanjang nyaris 1 meter ini di Baicai Gou, Provinsi Liaoning, Tiongkok.

Menurut penelitian yang dilakukan, spesies baru itu dikenal sebagai troodontid, dinosaurus yang dianggap kerabat terdekat burung.

foto: usa today

Menariknya, Jianianhualong tengi memiliki bulu yang tidak simetris. Salah satu bagian tubuhnya lebih panjang dibanding yang lain. 

Jenis bulu ini ditemukan pertama kali pada troodontid. Ia mempunyai pola bulunya unik, yang terkait dengan evolusi bulu yang dipakai untuk terbang. 

Penelitian ini dipimpin oleh Michael Pittman dari University of Hong Kong, tim ilmuwan internasional yang menggunakan teknik anatomi komparatif standar dan pencitraan LSF untuk menganalisis fosilnya. Prosedurnya melibatkan pemotretan sinar laser ungu sehingga mampu memperjelas anatomi bulu dan tulangnya.

"Dinosaurus ini terlihat seperti ayam berambut panjang yang berotot, "katanya.

Sampai saat ini, Pittman masih belum bisa memastikan apakah Jianianhualong tengi bisa terbang.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Tag Terkait