Sukses

Tips Mudah Bikin Password Aman yang Anti Hack

Membuat sebuah password yang aman menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Liputan6.com, Jakarta - Password memang menjadi salah satu komponen yang amat sangat penting selain username yang biasa digunakan sebagai bentuk verifikasi paling utama ketika mengakses akun media sosil, database, jaringan WiFi, dan berbagai media lainnya yang mengandung data-data sensitif di internet.

Dengan demikian, membuat sebuah password yang aman menjadi salah satu hal yang sangat penting. Lalu, bagaimana membuat sebuah password yang aman? Kebanyakan password yang digunakan para pengguna internet terbilang sederhana karena umumnya hanya menggunakan angka atau huruf. Jika menggunakan terlalu banyak kombinasi, mereka takut akan lupa.

Berikut tips membuat password dengan kombinasi rumit tapi mudah diiingat.

1. Kombinasi Huruf dan Angka Familiar

Salah satu cara terbaik untuk membuat password yang aman adalah dengan menggunakan kombinasi antara huruf dan angka. Agar lebih mudah diingat, pastikan kombinasi huruf dan angka yang digunakan tersebut merupakan huruf dan angka yang familiar.

Contohnya, kamu bisa menggunakan nama almamater yang digabungkan dengan alamat tempat tinggal kalian serta angka tertentu yang familiar seperti angka favorit, nomor rumah, dan umur.

2. Gantikan Huruf dan Angka dengan Simbol yang Mirip

Untuk menambah tingkat kerumitan password yang digunakan untuk suatu akun atau lainnya, sebaiknya mengganti huruf-huruf tertentu dengan simbol khusus yang jarang digunakan namun memiliki kemiripan dengan huruf yang kamu ganti.

Sebagai contoh, kamu bisa mengganti huruf 'a' dengan simbol '@', '0' dengan 'a', 's' dengan '$' dan sebagainya.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.