Lansia Bangun Makam di Dalam Rumah Sendiri, Tujuannya Apa?

Oleh Sulung Lahitani pada 26 Apr 2017, 19:00 WIB
Diperbarui 28 Apr 2017, 18:14 WIB
Lansia Bangun Makam di Dalam Rumah Sendiri, Tujuannya Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Sepasang lansia telah membangun dua kuburan untuk mereka di dalam rumah mereka sendiri.

Liu Xiangwu dan istri, yang keduanya berusia 80-an, membangun dua makam di dalam kediaman mereka sendiri. Rumah tersebut berada di sebuah gunung di Zhaotong, Provinsi Yunan.

Satu makam terletak di ruang tamu, sementara yang lain berada di kamar tidur. Ada alasan mengapa keduanya nekat membangun makam di dalam rumah sendiri.

Dua makam tersebut telah mereka bangun sejak 30 tahun lalu. Mereka berjaga-jaga seandainya salah satu dari mereka meninggal dunia. Karena tidak memiliki anak, pasangan ini pun memilih menghabiskan uang tabungan mereka untuk membangun makam dan membeli peti mati.

"Tidak ada yang mewarisi rumah kami. Dengan cara ini, kuburan kami bisa terlindungi dari angin dan hujan," ujar Liu, seperti dikutip dari Yunnan.cn.

Liu juga mengatakan bahwa ia dan istrinya memiliki kesepakatan. Apabila salah satu dari mereka meninggal dan dikubur di salah satu makam tersebut, maka yang lain harus terus tinggal di rumah itu.

Tetangga mereka tak bisa berbuat apa-apa dengan keputusan pasangan itu. Bagi mereka, melihat makam tersebut dari luar sudah cukup. Akan terasa menakutkan masuk ke dalam rumah yang terdapat makam di dalamnya.

Kini, sambil menunggu ajal, keduanya masih menghabiskan masa tua di rumah tersebut. Seringkali mereka terlihat dari luar makan di atas meja kayu di depan salah satu makam yang ada di rumah tersebut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6