Sukses

Ilmuwan Klaim Tahun 2022 Akan Ada Ledakan Bintang di Langit Malam

Diprediksi pada tahun 2022, kita dapat menyaksikan dengan jelas ledakan bintang biner di langit pada malam hari.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang ahli astronomi Larry Molnar dari Calvin Collage, mengklaim telah terjadi ledakan dahsyat di luar angkasa pada 1.795 tahun silam. Ledakan tersebut melibatkan bintang biner KIC 98322227.

Setelah melakukan serangkaian penelitian, diprediksi pada tahun 2022, kita dapat menyaksikan dengan jelas ledakan bintang biner di langit pada malam hari. Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah ledakan bintang yang dapat diprediksi.

Bintang biner berada di konstelasi Cygnus, sekitar 1.800 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Sistem bintang KIC 9832227 merupakan biner kontak. Karena kedua bintang berbagi atmosfer yang sama.

Kedua bintang ini mengorbit satu sama lain setiap sebelas jam. Hampir dua dekade para astronomi telah mengamati bintang biner menggunakan teleskop antariksa termasuk teleskop kepler milik NASA.

Pada tahun 2013, Molnar bersama timnya menyadari bahwa pergerakan orbit kedua bintang ini meningkat dan semakin cepat.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.