Spektakuler, Penemuan Harta Karun 10.000 Benda Emas di Sungai

Oleh Sulung Lahitani pada 22 Mar 2017, 15:31 WIB
Diperbarui 22 Mar 2017, 15:31 WIB
Penemuan Harta Karun, 10.000 Emas Tenggelam di Bawah Sungai
Perbesar
Sebanyak 10.000 benda yang terbuat dari emas dan perak ditemukan oleh para arkeolog di bawah Sungai Minjiang

Liputan6.com, Sichuan - Legenda mengatakan bahwa pada 1646, armada Zhang Xianzhong dengan 1.000 kapalnya, tenggelam diserang tentara kekaisaran. Zhang tenggelam bersama dengan semua kekayaan dan barang jarahan miliknya.

Siapa sangka, ternyata itu bukan sekadar legenda belaka. Harta karun legendaris baru-baru ini ditemukan di bawah Sungai Minjiang di Provinsi Sichuan.

Sebanyak 10.000 benda yang terbuat dari emas dan perak ditemukan oleh para arkeolog di tempat tersebut dan membuktikan kebenaran kisah Zhang Xianzhong. Di tempat di mana Sungai Minjiang dan Jinjiang bertemu, arkeolog menemukan ribuan emas, perak, dan perunggu koin bersama dengan perhiasan dan senjata dari besi.

"Penemuan benda-benda tersebut adalah bukti langsung dan paling menarik untuk mengidentifikasi area tempat pertempuran terjadi," kata Wang Wei, salah satu arkeolog yang terlibat dalam penggalian tersebut.

Melansir dari Shanghaiist, Rabu (22/03/2017), pada tahun 2010, pemerintah daerah telah menyatakan tempat tersebut sebagai situs yang dilindungi. Namun, setelah mendengar tentang sejumlah besar kekayaan di tempat tersebut, pemburu harta karun mulai berusaha menjarah secara ilegal.

- 

Pada tahun 2015, polisi setempat menangkap 31 tersangka. Polisi juga menyita ribuan koin bersama peralatan menyelam mereka. Barulah pada awal tahun ini arkeolog mulai melakukan penggalian situs atas izin pemerintah dengan menggunakan pompa untuk mengalirkan air ke tempat lain.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6