Sukses

Pasangan Berbahagia Cenderung Gemuk, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Bagi sebagian orang, menjadi gemuk akan mengganggu penampilan mereka.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, menjadi gemuk akan mengganggu penampilan mereka. Namun, tahukah kamu? Ada sebuah fakta penelitian terbaru yang mengatakan bila pasangan suami istri atau pasutri menjadi gemuk, berarti mereka memiliki hubungan percintaan yang bahagia.

Studi tersebut dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information dengan melakukan penelitian terhadap 169 pasangan yang menikah selama empat tahun. Berat badan mereka dicatat setiap tahun dan mereka juga diwawancarai tentang pernikahan mereka. Hasil penelitian mengungkapkan, pasangan dengan hubungan yang bahagia, berat badan mereka bertambah bersamaan. Sementara pasangan yang lain tetap langsing dan pada akhirnya mereka berpisah.

Menurut para peneliti, alasan mengapa pasangan yang bahagia berat badannya bertambah adalah karena mereka tidak merasakan tekanan apa pun untuk menarik pasangan lain, atau mengesankan pasangan mereka. Memberi hubungan yang berbahagia juga memberi keyakinan bahwa pasangan mereka tidak akan meninggalkan mereka. Sebagai perbandingan, penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang hubungannya tidak bahagia akan berusaha memiliki bentuk tubuh terbaik karena berharap mampu menarik perhatian bagi orang lain.

Namun, para peneliti tetap mengingatkan pasangan yang memilki tubuh gemuk tentang kemungkinan menerima konsekuensi gangguan kesehatan, seperti obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular dan masalah kesehatan lainnya.

Pemimpin penelitian, psikolog Andrea L. Meltzer mengatakan, penelitian ini lebih fokus kepada pengaruh berat badan terhadap kesehatan, dan dampaknya kepada penampilan. Sehingga pasangan yang berbahagia, mungkin dapat menghindari kenaikan berat badan yang tidak sehat dalam masa pernikahan mereka. “Penelitian ini memfokuskan kepada berat badan yang berdampak bagi kesehatan dan penampilan, sehingga pasangan yang bahagia dapat waspada,” ungkap Andrea L. Meltzer.

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini