Warga Panik, Sungai Mendadak Berubah Warna Jadi Hijau

Oleh Sulung Lahitani pada 06 Mar 2017, 12:15 WIB
Diperbarui 06 Mar 2017, 12:15 WIB
Warga Panik, Sungai Mendadak Berubah Warna Jadi Hijau
Perbesar
Perubahan warna itu tentu saja membuat warga di sekitar bantaran sungai panik, mengira sungai tersebut telah tercemar.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah sungai di Spanyol mendadak berubah warna menjadi hijau terang. Perubahan warna itu tentu saja membuat warga di sekitar bantaran sungai panik, mengira sungai tersebut telah tercemar.

Sungai mulai berubah warna pada sumbernya di Andorra, Spanyol, sebelum kemudian menyebar hilir melewati wilayah Catalonia. Akan tetapi, pemerintah berusaha meyakinkan bahwa perubahan warna itu tidak berbahaya.

"Itu sepenuhnya tidak berbahaya, tidak beracun, dan biodegradable, jelas walikota seperti dikutip dari Mirror, Senin (06/03/2017).

Ternyata, pewarnaan sungai tersebut memang disengaja dengan tujuan untuk penelitian air. Pewarnaan teresbut digunakan sebagai bagian dari penyelidikan di pabrik pembotolan air Arinsal.

Penelitian dilakukan karena ditemukan tanaman yang menjadi penyebab ribuan orang sakit tahun lalu. Diduga, salah satu tanaman di sungai itu menjadi sarang serangga penyebab sakit perut.

Penjelasan tersebut diamini Kementerian Kesehatan Andorra yang mengatakan pewarna tidak berbahaya dan tidak memiliki dampak lingkungan digunakan untuk mengidentifikasi sumber kontaminasi.

Zat pewarna tersebut dipastikan akan hilang dalam beberapa jam setelah penelitian selesai.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6