Darah Komodo Diklaim Jadi Obat Anti Infeksi Super Manjur

Oleh Sulung Lahitani pada 27 Feb 2017, 17:28 WIB
Diperbarui 27 Feb 2017, 17:28 WIB
Darah Komodo Diklaim Jadi Obat Anti Infeksi Super Manjur
Perbesar
Darah Komodo Diklaim Jadi Obat Anti Infeksi Super Manjur

Liputan6.com, Jakarta - Komodo dikenal kadal terbesar di dunia. Ludah mereka mematikan dengan setidaknya 57 spesies bakteri untuk membunuh mangsanya.

Namun, siapa sangka, berdasarkan penelitian terbaru, darah komodo dapat menjadi kunci untuk mengembangkan obat baru dalam memerangi super resisten antibiotik.

Dalam hal tersebut, tim ilmuwan menggunakan metode yang dikenal sebagai bioprosprecting. Berdasarkan penelitian, fragmen protein antimikroba dalam darah komodo melindungi diri mereka terhadap infeksi.

Peneliti dari College of Science di George Mason University juga menyelidiki apakah mereka bisa mengisolasi zat yang dikenal sebagai cationic antimicrobial peptides (CAMP) dari darah komodo. Zat tersebut merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh bawaan.

Melansir dari Dailymail, Senin (27/02/2017), dalam penelitian tersebut, darah komodo dengan partikel bermuatan negatif diinkubasi dengan hidrogel sehingga menghasilkan peptida bermuatan positif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tujuh dari peptida pada darah komodo kuat terhadap bakteri super resisten antibiotik.

"Studi ini mungkin memiliki implikasi yang luas tentang peran protein yang membantu tubuh dari infeksi," ujar salah satu peneliti.

Sebelumnya, mereka telah menguji coba dengan darah buaya. Namun hasilnya tidak menjanjikan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya