Kehidupannya Lebih Menakutkan, Pria Ini Pilih Tinggal di Kuburan

Oleh Azwar Anas pada 10 Feb 2017, 13:00 WIB
Diperbarui 10 Feb 2017, 13:00 WIB
Tinggal di Kuburan
Perbesar
Kehidupannya Lebih Menakutkan, Pria Ini Pilih Tinggal di Kuburuan

Liputan6.com, Jakarta Bratislav Stojanovic (43) tak mengelak jika disebut gelandangan. Ia tak punya pekerjaan juga tak punya rumah. Namun ia gelandangan yang punya tempat tinggal tetap meski di kuburan.

Sudah lebih dari 15 tahun, Stojanovic tinggal di kuburan di Desa Nis, Serbia. Ia berbagi tempat dengan mayat sebuah keluarga yang disemayamkan lebih dari 100 tahun lalu.

"Tempat ini kering dan hangat. Ini memang bukan istana, tapi ini lebih baik ketimbang di jalan," ujarnya, dilansir Oddity Central, Jumat (10/02).

Sebagai seorang gelandangan, Stojanovic kerap berurusan dengan Polisi. Ia dikejar juga tak jarang dipukuli jika tertangkap berada di tempat-tempat yang tak semestinya.

Sementara di kuburan, ia merasa menemukan tempat yang tak seorang pun berani mengganggunya. "Bahkan yang bukan polisi," Stojanovic menambahkan.



Agar tetap hangat, ia membuat slide dari papan bekas yang berfungsi sebagai atap. Stojanovic juga mengumpulkan lilin bekas dari tamu-tamu yang menjenguk makam keluarganya.

Sedangkan untuk makan, Stojanovic mengumpulkan makanan dari apa yang dibuang orang-orang di tempat sampah. "Ini tidak seburuk apa yang Anda pikirkan. Sungguh menakjubkan apa yang orang-orang buang," ujarnya.

Kendalanya saat ini hanyalah kurangnya persediaan makanan dan rokok yang berhasil ia kumpulkan. Sebab komplek pemakaman itu sudah tak lagi dipergunakan karena penuh. Namun hal itu bisa ia atasi dengan mencarinya di pinggiran kota.

Stojanovic mengaku, makam yang ita tinggali sangat tenang dan jauh dari keramaian. Terkadang pada satu malam, ia teringat  tentang rumah masa lalunya. Rumah itu terpaksa dijual untuk menutup hutang-hutangya yang membuat ia harus keluar dan pergi dari rumahnya sendiri.

Oleh karenan itu, satu-satunya hal yang ia khawatirkan saat ini bukanlah serangan mayat atau binatang buas. Melainkan kematian dari anggota keluarga korban yang notabene pemilik makam yang ditnggali Stojanovic. Karena tidak menutup kemungkinan, Stojanovic akan kehilangan 'rumah' untuk yang kedua kalinya.

Stojanovic bukanlah satu-satunya orang yang tinggal di kuburan. Di Argentina, karena saking cintanya, seorang wanita dilaporkan telah tinggal di makam suaminya. Namun Bastila Stojanovic adalah satu-satunya orang yang selama 15 tahun tinggal di kuburan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.