Sukses

Sapi Perkasa, Setahun Hasilkan 35.000 Kg Susu Sendirian

Seekor sapi bernama My Gold dari Wisconsin memecahkan rekor dengan memproduksi 35.000 kg susu setahun.

Liputan6.com, Jakarta - Seekor sapi bernama My Gold dari Wisconsin memecahkan rekor nasional dengan memproduksi 77.500 pon susu atau sekitar 35.000 kilogram pada tahun 2016. Sapi yang diberi nama My Gold tersebut merupakan sapi Holstein berusia empat tahun dari pertanian Ever Green View, Waldo, Amerika Serikat.

Jumlah susu yang dihasilkan oleh satu ekor sapi itu saja sama dengan 900 kilogram lemak dan 932 kilogram protein dalam 365 hari. Rekor produksi sapi sebelumnya dipegang oleh Bur-Wall yang menghasilkan 33.000 kilogram susu pada tahun 2015.

"My Gold adalah contoh sapi Holstein yang memiliki genetika, perawatan, dan manajemen yang baik. Sapi ini unggul dalam produk yang dihasilkan," ujar CEO Holstein Association, John Mayer seperti dikutip dari Mysheboygan, Kamis (02/02/2017).

Padahal rata-rata produksi susu yang dihasilkan oleh semua sapi per tahun saja biasanya hanya 11.320 kilogram. Sang pemilik mengatakan kalau di tempat itu sapi bekerja seperti atlet kelas dunia.

"Ini seperti menyaksikan Usain Bolt memecahkan rekor. Hanya sapi yang dibesarkan dengan baik yang mampu melakukannya," ujar CEO Ever Green View, Tom Kestell.

Kestell dan keluarganya telah bekerja mengurus My Gold dan sapi yang lain selama 30 tahun. Mereka berusaha keras membantu sapi agar menghasilkan susu sebanyak mungkin.

"Mereka harus makan dengan baik, mereka harus berlatih tapi tetap dalam kondisi terbaik. Dan yang paling penting, lingkungan mereka harus kondusif," tutup dia.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini