Ditugaskan Mengajar Statistik, Dosen Ini Malah Menganggap Rasis

Oleh Liputan6 pada 18 Jan 2017, 14:00 WIB
Diperbarui 18 Jan 2017, 14:00 WIB
Seung-Whan Choi
Perbesar
Seung-Whan Choi

Liputan6.com, Jakarta Seorang profesor jurusan Hubungan Internasional, Seung-Whan Choi, di University of Illinois, Chicago, Amerika Serikat, menuduh universitas tempatnya mengajar telah berlaku rasis kepada dirinya.

Tuduhan tersebut ia ungkapkan karena pihak universitas memaksa dirinya untuk mengajar mata kuliah Statistik. Pihak universitas tempat Choi mengajar, memberitahunya bahwa ia yang paling memenuhi syarat untuk mengajar mata kuliah Statistik karena ia merupakan orang Asia. Choi dianggap sangat pandai matematika karena berasal dari Korea Selatan.

Pernyataan dari University of Illinois tersebut ternyata menyinggung Choi. Baru-baru ini ia bahkan sudah melayangkan gugatan kepada pihak universitas. Choi menganggap apa yang diungkapkan pihak Universtias, merupakan bentuk diskriminasi pekerjaan dan pelecehan ras mapun negara. Saat ini, Choi telah menderita depresi dan kecemasan yang parah akibat dari dugaan diskriminasi yang dialaminya. Ia menuntut kompensasi kepada pihak University of Illinois.

Dilansir www.nbcnews.com, pengacara Choi mengungkapkan dalam sebuah surat gugatan, "Akibat langsung dari pelecehan yang diterima Choi, saat ini ia telah mengalami stres dan gangguan emosional. Hal tersebut juga berdampak bagi hubungan Choi dengan keluarga dan teman-temannya.”

Gugatan yang dilayangkan antara lain Choi mengklaim bahwa dirinya tidak diberikan kenaikan gaji yang memadai dibandingkan dengan rekan-rekan dosen lainnya di universitas tempatnya mengajar. Bahkan ia dikucilkan dan dituduh tidak memberikan kinerja yang baik bagi University of Illinois.

Dalam satu contoh, Choi mengatakan dia dipaksa mengajar pada kelas musim semi tahun lalu untuk mata kuliah Politik Korea, karena lahir dan tinggal di Korea Selatan. Choi mengklaim University of Illinois telah mengancamnya untuk memberikan evaluasi yang buruk untuk caranya mengajar, bila ia tidak mematuhi aturan pihak Universitas, meskipun sebenarnya Choi tidak memiliki latar belakang pengetahuan tentang mata kuliah Politik Korea.

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Tag Terkait