Sukses

Ingin Orang Tua Berumur Panjang? Luangkan Waktu Bersama Mereka

Kesepian ternyata memainkan peran penting dalam mempercepat proses penuaan dan kematian.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan sering mengejutkan kita dengan penemuan-penemuan menakjubkan. Baru-baru ini, peneliti dari University of California menemukan cara untuk memperpanjang umur orang tua kita dan membuat mereka lebih baik. Resepnya ternyata sangat sederhana.

Menurut penelitian mereka, kesepian ternyata memainkan peran penting dalam mempercepat proses penuaan dan kematian. Para ilmuwan ini mengamati keadaan 1.600 orang tua dengan usia rata-rata 71 tahun di mana faktor kesehatan dan status sosial ekonomi tidak dikaitkan.

Seperti dilansir dari Brightside, Minggu (15/01/2017), selama enam tahun penelitian ditemukan bahwa 23% lansia yang jarang dikunjungi keluarga mereka telah meninggal sementara yang sering dikunjungi keluarga mereka jumlahnya hanya 14%. Ternyata, semakin tua seseorang, semakin penting komunikasi bagi mereka.

Secara umum, orang yang lebih tua lebih toleran terhadap kekurangan dari teman-teman dan kerabat mereka. Mereka selalu siap untuk berbagi pengalaman dan kebijaksanaan mereka dengan yang lebih muda serta tahu apa yang baik dan buruk bagi mereka.

Oleh karena itu, penting untuk diingat berapa banyak perhatian dan perawatan yang kita berikan pada orang tua kita. Menelepon mereka sesekali atau bahkan mengunjungi mereka dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk berumur panjang dan bahagia.

Jadi, sudahkah Anda kunjungi orang tua Anda hari ini?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini