Sukses

Babun, Si Kera Besar Bisa Meniru Vokal Mirip Manusia?

Babun keluarkan vokal mirip manusia, dengan berkata A-I-U-E-O

Liputan6.com, Jakarta Babun yang dikenal dengan kera berbadan besar oleh kebanyakan orang ini, memang menjadi hewan yang tingkahnya mirip dengan manusia.  Dari postur tubuh, organ dalam, gigi dan lainnya, membuat babun bisa meniru kegiatan manusia, seperti makan pakai sendok, minum dengan gelas dan lain-lain.

Meski hanya dapat meniru kegiatan yang di peragakan manusia, babun juga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, seperti beberapa hewan lainnya yang mengerti isyarat, walaupun hanya dengan bahasa tubuh.

Namun babun ternyata dapat mengeluarkan suara mirip bunyi huruf vokal a, i, u, e dan o. Menurut para peneliti, menyatakan bahwa selama jutaan tahun beberapa monyet punya kapasitas fisik untuk berbahasa.

Penemuan di jurnal PLOS ONE itu menambah dimensi baru dalam perdebatan panjang mengenai bagaimana bahasa bermula dan berkembang, dengan menunjukkan bahwa babun memiliki lidah dan laring yang memungkinkan mereka mengeluarkan beberapa suara seperti huruf vokal.

"Ini untuk pertama kalinya kami melihat ini pada primata non manusia," kata salah satu penulis studi, Joel Fagot, peneliti di Pusat Penelitian Ilmiah Nasional (National Center for Scientific Research/NCSR) Prancis.

Simak Babun yang bisa tiru suara vokal manusia, di Forum Liputan6 yang ditulis Ferial menggunakan akun @ferial dengan mengeklik tautan ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya: Saat Presiden Joko Widodo “Ubrak-abrik” Meja Makan Istana Negara. Yuk berbagi di Forum Liputan6.

(Est)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini