Sukses

Jejak Tsunami yang Kini Menjadi Lokasi Wisata Edukasi

Meskipun sudah beberapa tahun dilewati, namun kedahsyatan gelombang Tsunami yang menerpa lokasi tersebut ternyata masih meninggalkan jejak.

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat jelas di pikiran kita tentang kejadi yang sangat dahsyat beberapa tahun yang lalu, yaitu Tsunami. Kejadian Tsunami ini terjadi di beberapa negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, kejadian ini terjadi di pesisir utara Banda Aceh pada bulan Desember 2004 lalu.

Meskipun sudah beberapa tahun dilewati, namun kedahsyatan gelombang Tsunami yang menerpa lokasi tersebut ternyata masih meninggalkan jejak. Tidak hanya meninggalkan jejak dalam ingatan, tapi Tsunami juga meninggalkan jejak berupa monumen. Monumen yang menjadi peringatan bagi siapapun terhadap dahsyatnya kekuatan alam ini.

Ada beberapa monumen sebagai peringatan terhadap kejadi Tsunami, salah satunya adalah Monumen PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) Apung. Lokasi PLTD Apung ini berada di Desa Punge, Blancut, Banda Aceh. Nah, apa yang ada dalam pikiran anda saat mendengar nama ini, PLTD Apung? Ya, sesuai dengan namanya, kapal ini merupakan sumber tenaga listrik bagi wilayah Ulee Lheue. Tempat kapal ini ditambatkan sebelum terjadinya Tsunami.

Selengkapnya

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.