Sukses

Beranggota 100.000 Orang, Geng Jalanan Keji Siap Kuasai Dunia

Geng ini dikenal karena pembunuhan brutal, pemerkosaan, perdagangan narkoba, dan serangan balas dendam tanpa ampun

Liputan6.com, Jakarta - Mara Salvatrucha, dikenal juga sebagai MS-13, merupakan salah satu geng paling ditakuti di dunia. Geng ini dikenal karena pembunuhan brutal, pemerkosaan, perdagangan narkoba, dan serangan balas dendam tanpa ampun.

Anggotanya biasa dibedakan oleh simbol tato di wajah dan tubuh, serta penggunaan isyarat tangan. Dalam satu kasus di tahun 2003, anggota geng yang menjadi informan pemerintah dan tengah hamil, ditikam 16 kali oleh dua anggota lainnya. Mayatnya baru ditemukan di tepi sungai esoknya.

Geng MS-13 yang lahir di California ini diduga berusaha memupuk kekuatan untuk menjadi geng nomor satu di dunia. Kini, anggotanya telah menyebar ke negara-negara lain seperti Meksiko, KAnada, Amerika Selatan, Amerika Tengah, bahkan baru-baru ini simbol mereka dilaporkan terlihat di Sydney, Australia.

Hal ini memicu ketakutan di kalangan penduduk setempat. Bahkan, seorang wanita yang pindah ke Australia karena tempat asalnya dikuasai MS-13, syok saat mendengar kabar tersebut.

"Ini mengerikan. Daerah ini penuh dengan orang-orang dari berbagai tempat. Mendengar kabar itu tubuhku menggigil," katanya seperti dikutip dari Daily Mail Australia.

Meski berasal dari California, anggota inti geng ini dipercaya berpusat di El Salvador. Banyak catatan mengerikan tentang bagaimana geng ini bekerja.

Pada 2015 misalnya, geng ini bahkan menjalankan penjara tempat di mana anggotanya ditahan. Mereka menguasai rehabilitasi, rumah sakit, toko roti, dan para penjaga yang mengamankan rumah tahanan tersebut seolah tak ada terjadi apa-apa.

Salah satu kejahatan MS-13 yang paling banyak dipublikasikan adalah kejahatan yang terjadi di Honduras pada bulan Desember 2004. Pada saat itu, serangan dilakukan terhadap sebuah bus dan menewaskan 28 orang, termasuk perempuan dan anak-anak.

Nama Mara Salvatrucha berasal dari kata Mara untuk geng, Salva yang berarti El Salvador, dan Trucha yang artinya tajam. Sementara angka 13 adalah posisi huruf M dalam alfabet. Geng ini juga menggunakan simbol tangan yang merefensikan iblis untuk berkomunikasi.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini. (program telah berakhir)

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6. (program telah berakhir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.