Sukses

Fakta Baru, Asuh Cucu Bisa Memperpanjang Usia

Dengan mengasuh cucu atau anggota keluarga sendiri, lansia dapat hidup tujuh tahun lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta Mengasuh cucu memang menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi para pasangan yang sudah memasuki masa lanjut usia. Di kota Jakarta sendiri, wanita yang mempunyai anak dan meninggalkan anaknya bersama sang kakek atau nenek sudah menjadi hal yang biasa.

Baru-baru ini studi menemukan bahwa kakek atau nenek yang mengasuh cucunya cenderung akan hidup lebih lama ketimbang lansia yang tidak merawat orang lain. Namun mengasuh cucu sepanjang waktu bisa berdampak negatif pada kesehatan mereka.

Tetapi jika hanya sesekali membantu merawat cucu bisa bermanfaat bagi lansia, tulis peneliti dalam jurnal Evolution and Human Behavior.

Berdasarkan hasil penelitian, mereka yang membantu saudara atau orang lain cenderung hidup setidaknya tujuh tahun lebih lama. Sementara mereka yang tidak pernah mengasuh cucu punya harapan hidup rata-rata empat tahun.

Alasan para pakar menduga bahwa, ini semua karena mengasuh anak membuat manula tetap aktif secara fisik dan mental.

Menjaga cucu membantu ingatan lebih tajam pada lansia. (Foto: freerangekids.com)

"Sama sekali tidak berinteraksi dengan cucu bisa berdampak negatif terhadap kesehatan kakek-nenek," kata Sonja Hilbrand, mahasiswa doktoral Departemen Psikologi Universitas Basel, Swiss, yang memimpin studi ini.

"Hubungan ini bisa jadi merupakan mekanisme yang tertanam dalam evolusi kita di masa lampau ketika membantu mengurus anak krusial untuk kelangsungan hidup manusia," kata dia. Seperti apa, simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Cantik dan Pintar, Rafia Qaseem Pilih Jadi Penjinak Bom. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

 

(Est)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.