Sukses

Ilmuwan Temukan Organ Baru dalam Perut Manusia

Organ baru tersebut, tersembunyi di perut dan telah diklasifikasikan.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan resmi mengumumkan penemuan sebuah organ baru dalam tubuh manusia. Organ baru tersebut, tersembunyi di perut dan telah diklasifikasikan.

Seperti yang tertera di The Lancet Gastroenterology & Hepatology, organ baru tersebut diberi nama mesentrium (yang berarti: di tengah-tengah usus) dan dapat ditemukan dalam sistem pencernaan kita. Leonardo da Vinci pernah memberi sedikit deskripsi tentang mesenterium, namun hingga tahun 2012, mesenterium dianggap serangkaian struktur terpisah yang menjaga usus melekat pada dinding perut.

Sekelompok tim dari University of Limerick mengonfirmasi bahwa semua struktur saling berhubungan dan muncul untuk menjadi bagian dari satu dari keseluruhan struktur. Banyak penelitian yang dilakukan pada pasien yang menjalani operasi untuk mengangkat sebagian atau seluruh usu mereka menemukan mesenterium.

- 

"Kita akhirnya mengakui bahwa kita memiliki organ dalam tubuh yang belum diakui sampai saat ini," ujar Calvin Coffey, seorang profesor bedah di University of Limerick dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Iflscience.

"Kami telah menetapkan anatomi dan strukturnya. Langkah berikutnya adalah mencari tahu apa fungsi dari organ baru ini," tambah dia.

Menurut Calvin, jika fungsi awal dari mesenterium telah diketahui, ilmuwan dapat mengidentifikasi fungsi berkelanjutan dari organ ini. Selanjutnya, penyakit yang terkait dengan organ baru ini dapat diobati.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.