Sukses

Ngeri, Ikan Berbentuk Kelelawar Berbibir Merah Menyala

Terlalu banyak makhluk di planet ini yang bentuknya sangat unik dan tak terbayangkan.

Liputan6.com, Jakarta Terlalu banyak makhluk di planet ini yang bentuknya sangat unik dan tak terbayangkan. Salah satunya adalah ikan yang aneh ini. Ikan laut yang bentuknya seperti kelelawar dengan bibir berwarna merah menyala.

Charles Darwin menamai ikan aneh ini Ogcocephalus darwini, atau ikan kelelawar berbibir merah. Ikan ini termasuk jenis anglerfish, sejenis dengan ikan Marlin dan Dory dalam film Finding Nemo.  

Bedanya, ikan ini bentuknya sangat mengerikan. Mulutnya berduri tajam. Bentuk bibirnya seperti manusia, berwarna merah menyala. Tujuannya untuk menyamarkan dirinya yang ganas dan buas sebagai predator. 

ikan kelelawar

Sebenarnya jika ikan ini bibirnya tidak cemberut, ikan ini cukup lucu. Namun ikan kelelawar ini memang sangat unik, selain bentuknya juga perilakunya. 

Bentuk tubuhnya agak pilih mirip ikan pari. Namun ia bak mempunyai sayap membentang seperti kelelawar. Karena itulah kenapa ikan ini dinamai ikan kelelawar. Meskipun ia adalah ikan, ikan kelelawar berbibir merah ini adalah perenang yang buruk.

ikan kelelawar

Ikan ini biasa ditemukan di perairan dalam Samudra Pasifik di sekitar Kepulauan Galapagos dan lepas pantai Peru. Tampaknya ia cukup pemalas. Ia biasa mencari makan di dasar laut dengan hanya meringkuk.

ikan kelelawar

Ketika ikan ini menginjak usia dewasa, akan tumbuh semacam tanduk di kepalanya. Para ahli biologi laut menduga, tanduk itu dipakai untuk memikat mangsanya.

Namun sampai sekarang, bentuk bibir yang cemberut dan berwarna merah itu belum bisa dipredeksi fungsi lainnya.

Bagaimana menurutmu?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini