Sukses

Indonesia Go Pertamina : Bangkitkan Semangat Petani di Perbatasan

Keterbatasan para petani di desa ini pun merupakan permasalahan yang belum juga dapat teratasi.

Liputan6.com, Jakarta Desa Tepian, Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan merupakan satu desa di Kabupaten Perbatasan yang jauh dari keramaian kota dan jauh dari kemajuan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Desa yang hanya dihuni oleh sekitar 300-an keluarga ini tidak bisa diakses oleh jalanan darat dari desa manapun. Akses yang ada hanyalah melalui sungai yang bisa ditempuh dengan menggunakan speedboat atau perahu kayu.

Listrik tidak masuk di desa ini. Jika masyarakat ingin menikmati listrik, maka menggunakan genset dengan bahan bakar solar. Tidak ada fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya. Selain listrik dan kesehatan, permasalahan keterbatasan lainnya juga masih banyak ditemukan di Desa Tepian.

Keterbatasan para petani di desa ini pun merupakan permasalahan yang belum juga dapat teratasi. Padahal, lahan pertanian di desa ini sangat luas, namun sering kali hasil panen tidak dapat maksimal. Melihat kondisi tersebut, PT Pertamina EP (PEP) Asset 5 Tarakan Field membuat program Pertanian Terpadu agar petani di Desa Tepian kembali bersemangat dan bisa lebih maju dari sebelumnya.

Dimulai dengan pelatihan, pemberian bibit, peralatan pertanian hingga program pendampingan dilakukan oleh PEP Asset 5 Tarakan Field. Di awal September ini sudah dilakukan pelatihan pertanian terpadu. Di antaranya, pelatihan pembuatan pupuk bokashi dan pelatihan pertanian terpadu, seperti tata cara pola tanam yang baik, pengukuran PH tanah, dan ilmu pertanian lainnya.

“Kami sangat senang sekali. Bantuan dan pendampingan dari Pertamina sangat membantu bagi kami,” ujar Nurdiansyah, Kepala Desa Tepian.

Di lain kesempatan, Hariyanto, selaku CSR Staff PEP Tarakan mengatakan, bantuan yang diberikan oleh PEP tidak hanya sampai sini. Perusahaan akan terus mendampingi hingga usaha pertanian di Desa Tepian bisa maju dan mandiri.

“Indonesia merupakan negara agraris dan sebagian besar penduduknya bermata pencahariaan di bidang pertanian. Dengan banyaknya lahan pertanian di negara ini, semoga para petani juga bisa mendapatkan kesejahteraan yang baik, termasuk para petani di Desa Tepian,” ujar Adhi Herusakti, Field Manager PEP Tarakan.

Baca kisah inspiratif lainnya dari para peserta Kompetisi Jurnalis Warga Indonesia Go Pertamina, kerjasama Liputan6.com dan PT. Pertamina (Persero). Kompetisi ini bertujuan mendorong para netizen untuk berbagi kisah inspiratif melalui forum Liputan6.com maupun social media dengan hashtag #IndonesiaGoPertamina.

Penulis :

PEP Tarakan Pertamina – Energia Weekly 38

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini