Kronologi Pengunjuk Rasa Terbakar Saat Hendak Membakar Ban

Oleh Azwar Anas pada 29 Des 2016, 11:04 WIB
Diperbarui 29 Des 2016, 11:04 WIB
Pengunjuk Rasa Terbakar
Perbesar
Kronologi Pengunjuk Rasa Terbakar saat Hendak Membakar Ban

Liputan6.com, Jakarta Demonstrasi pada umumnya dipenuhi dengan ratusan, bahkan ribuan masyarakat yang menyuarakan aksinya. Banyak faktor yang membuat terjadinya demonstrasi. Masalah yang menyangkut hak asasi manusia (HAM) sering menjadi salah satu contoh penyebabnya.

Seorang pengunjuk rasa yang juga seorang guru mengalami kejadian yang menyedihkan. Sukhminder Singh Mann, pria asal Punjab, Pakistan, kala itu sedang melakukan protes besar-besaran bersama rekan seprofesinya. Nahas, tiba-tiba ia terbakar saat berdemonstrasi di tengah jalan.

Kronologi Pengunjuk Rasa Terbakar saat Hendak Membakar BanDilansir mynewshub.com, pria itu terbakar saat mencoba memperbesar api yang ada di patung yang menjadi kekesalan para pengunjuk rasa. Ia menggunakan minyak tanah, lalu menyiramnya dan mengakibatkan dirinya tersambar api.

Polisi yang berada di tempat kejadian langsung memberikan pertolongan dengan menyelimuti pria itu dengan selimut basah sebelum ia dilarikan ke rumah sakit terdekat. Pria itu mengalami luka bakar hingga 30 persen di bagian tubuhnya. Kondisinya kini berangsur membaik.

Cedera yang dialami pengunjuk rasa itu akan lebih parah apabila polisi setempat tidak berjaga-jaga atas unjuk rasa itu. Kendati demikian, massa aksi malah mengancam akan melakukan aksi bakar diri jika tuntutan mereka masih tidak diindahkan oleh pemerintah.

Demonstrasi yang dipenuhi oleh 7.800 pengunjuk rasa dari serikat perguruan itu, memprotes pemerintah setempat yang tidak menepati janji untuk menyediakan kontrak pendidikan yang lebih baik.

(War)

Penulis:

Tony Wijaya
Universitas Bung Karno

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya