7 Trik Sederhana Agar Tidur Nyenyak di Pesawat

Oleh Liputan6 pada 28 Des 2016, 12:36 WIB
Diperbarui 28 Des 2016, 12:36 WIB

Liputan6.com, Jakarta Orang-orang memiliki prioritas yang berbeda ketika mereka naik pesawat. Ketika Anda melakukan penerbangan dan tidak memiliki pendamping kadang-kadang tidur adalah kegiatan terbaik.

Tapi tidur saat penerbangan bisa saja sulit karena beberapa alasan tertentu, seperti malu-malu berbaring di kursi dan mungkin menutupi wajah Anda untuk dengan handuk maupun masker.

Melansir dari foxnews.com. berikut ini beberapa tips  agar aman dan nyaman saat tidur di dalam pesawat.

Hindari alkohol, karena bisa menyebabkan reaksi negatif. Anda akan sering terbangun meskipun tidur sebentar, dan bahkan tidak ingat apa yang Anda lakukan. Penelitian telah menunjukkan bahwa pada orang sehat, dosis alkohol yang tinggi akan mengganggu tidur. Alkohol mengganggu pola tidur dengan mengorbankan kemampuan tubuh yang tidak bisa kembali kefungsi normal.

Caffein akan meningkatkan kewaspadaan, dan membantu Anda tidak fokus, Anda juga akan mengalami gangguan pada tidur Anda.

Jika memang terbiasa minum yang mengandung caffeine amannya untuk orang dewasa adalah 300 hingga 400 miligram per hari.

Teh herbal dapat membuat Anda mengantuk. Teh hijau, misalnya, mengandung theanine, asam amino yang mendorong pola tidur Anda. Banyak orang lebih memilih valerian atau teh chamomile. Valerian adalah bahan umum dalam produk yang dipromosikan sebagai obat penenang ringan dan alat bantu tidur untuk ketegangan saraf dan insomnia.

Hal ini  berlaku bagi orang-orang yang lebih pendek, Anda mungkin tidak akan beristirahat kuat pada lantai. Gunakan tas Anda sebagai pijakan kaki jika diperlukan. orang yang lebih tinggi harus mencoba duduk di atas bantal. Jika Anda bisa, meringkuk di kursi Anda lepaslah sepatu Anda untuk kenyamanan ekstra, tetapi waspada yaaaa terhadap bau kaki Anda.

Terlalu banyak makan bisa membuat  perut Anda kembung dan terasa sangat tidak nyaman.

Pola tidur juga terganggu karena makanan tersebut, sebaiknya dihindari agar tetap bisa tidur dengan nyenyak.

Penelitian EasyJet menunjukkan bahwa yang paling banyak diminati penumpang adalah kursi dibagian depan.

Secara umum, orang akan selalu mencoba untuk duduk di depan karena mereka berpikir akan turun dari pesawat lebih cepat. Tetapi jika Anda ingin tidur, hindari area depan.

Pakaian nyaman untuk penerbangan haruslah pakaian yang longgar dan melar atau bisa  mencoba mengenakan kemeja. Pakaian longgar juga dapat membantu melawan deep vein thrombosis (DVT), yaitu agar menjaga darah Anda tetap mengalir.

Penulis:
 
Wenti Ayu Apsari
Politeknik Negeri Jakarta

 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Tag Terkait