Sukses

Suara Misterius dari Palung Laut Terdalam di Dunia, Dajjal?

Para ilmuwan dan peneliti laut dalam dibuat bingung dengan suara misterius yang terdengar dari palung laut terdalam di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan dan peneliti laut dalam dibuat bingung dengan suara misterius yang terdengar dari palung laut terdalam di dunia.

Suara tersebut terdengar saat memantau komunikasi ikan paus di Palung Mariana, Samudera Pasifik. Palung yang terletak di antara jepang dan Indonesia ini memiliki kedalaman lebih dari 10.000 meter di bawah permukaan laut.

Suara bising itu sangat tinggi namun frekuensinya sangat rendah, serta berlangsung antara 2,5 dan 3,5 detik. Suara tersebut terdengar setelah peneliti mengirim hidrofon, perangkat khusus yang dapat menyelam hingga 1000 m di bawah permukaan laut, ke dalam Palung Mariana.

"Ini sangat berbeda dari apa yang kami teliti selama ini," ujar peneliti senior bioakustik laut Sharon Nieukirk dari Oregon State University.

"Bagian frekuensi rendah yang mengerang itu khas dari paus Balin, tapi suara ini berbeda. Kami tidak menemukan banyak suara baru paus Balin," tambah dia.

Melansir dari Daily Mail, Selasa (20/12/2016), karena tidak menemukan titik temu, para peneliti memutuskan menamai suara aneh tersebut sebagai "Biotwang Pasifik Barat." Mereka percaya, suara itu mirip suara yang dihasilkan oleh ikan paus kerdil di Great Barrier Reef.

"Kami tidak benar-benar banyak tahu tentang distribusi ikan paus di lintang rendah. Jika itu panggilan kawin, mengapa kami mendengarnya sepanjang tahun? Ini masih misteri," tutup dia.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini