Sukses

Awan Bulat, Pertanda Gempa Besar dari Langit?

Foto awan berbentuk bulat ini awalnya dikaitkan dengan gempa besar baru-baru ini. Namun, apa benar demikian?

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena alam tak biasa seringkali dikaitkan dengan bencana alam yang terjadi kemudian. Namun, apa benar selalu demikian?

Seorang pengguna Twitter bernama @pmxpvrtmx berhasil menangkap foto sebuah awan yang bentuknya bulat sempurna. Foto itu ia ambil saat awan tersebut melayang di atas rumahnya di Fujisawa, Prefektur Kanagawa, Jepang.

"Saat aku melihat keluar, jadi jendela mobil aku melihat awan berbentuk bola bulat. Aku menatap awan itu lalu bergegas mengambil foto. Sebelumnya awan itu bentuknya lebih bulat. Sata menyesal tidak mengambil fotonya lebih cepat."

Karena bentuknya yang begitu aneh, banyak warganet yang mempertanyakan keaslian foto tersebut. Beberapa malah menuduh kalau itu foto editan. Namun, wanita yang mengambil gambar itu berkata kalau ia tidak mengedit gambar sama sekali.

Selain itu, masyarakat yang religius juga mengaitkan fenomena awan aneh itu dengan gempa besar yang melanda Jepang baru-baru ini. Menurut mereka, awan itu pertanda dari langit (Tuhan) bahwa akan terjadi bencana di tempat tersebut. 

Akan tetapi, ternyata terdapat penjelasan ilmiah terkait bentuk awan yang aneh itu. Menurut seorang ahli iklim, awan yang bentuknya seperti itu disebut roll cloud.

Roll cloud biasa terjadi saat angin yang dibuat dari gelombang gunung, tergulung pada hari yang berangin. Lebih lengkapnya, Wikipedia menjelaskan fenomena tersebut sebagai arus udara dingin dari angin laut atau gelombang udara dingin pada hari berangin.

Berikut beberapa foto roll cloud lainnya yang pernah difoto oleh masyarakat.

-

-

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini