Tips Kekinian Jaga Kesehatan buat Anak Kos

Oleh Mulyono Sri Hutomo pada 01 Des 2016, 09:04 WIB
Diperbarui 01 Des 2016, 09:04 WIB
Anak Kos Jangan Makan Mie Melulu, Ini Menu Sehat Wajib Coba!
Perbesar
Gak sampai semenit video ini dibuat, tapi variasi menunya bikin anak kos lebih sehat. Check it out.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu adalah seorang pekerja kantoran atau mahasiswa yang tinggal di rumah kos? Bagi yang iya, tentu kamu akan sadar kalau hidup sebagai anak kos itu cukup sulit dalam menjaga kesehatan.

Pola makan yang tidak teratur, kurang tidur hingga kebiasaan menyantap makanan cepat saji mengancam kesehatan anak kos.

Tak dapat dipungkiri terlalu banyak aktivitas dan kurang nya asupan gizi merupakan faktor utama penyebab gangguan kesehatan. Ini dia beberapa tips bagi anak kos dalam menjaga kesehatan.

1. Jaga Pola Tidur

Banyaknya tugas dan padatnya kegiatan membuat mahasiswa atau pelajar yang sedang kos dan jauh dari rumah seringkali mengesampingkan hal yang sangat penting yaitu tidur. Tidur adalah hal yang sangat penting, karena dengan tidurlah kita dapat menyimpan energi dan memulihkan tubuh untuk berkegiatan kembali di esok hari.

Namun, tak hanya para mahasiswa seringkali menganggap enteng hal ini. Pekerja kantoran yang sedang tinggal di tempat kos pun sering mengesampingkan waktu tidur. Katanya dengan tidur 2-3 jam saja sehari cukup bagi mereka. Padahal menurut penelitian, durasi waktu tidur yang ideal bagi manusia normal adalah 7-8 jam sehari barulah energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas kembali terpenuhi.

2. Olahraga Teratur

Ilustrasi Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Cara Olahraga Teratur (iStockphoto)

Padatnya kegiatan disekolah, kampus atau tempat kerja membuat waktu luang kita semakin sedikit dan tak jarang kita pun kehilangan waktu istirahat. Untuk istirahat pun susah, apalagi untuk kegiatan lain seperti olahraga. Jangan salah, dengan pengelolaan waktu yang tepat kita dapat tetap berolahraga. Olahraga yang dilakukan tak perlu olahraga yang terlalu berat dan memakan waktu yang lama.

Cukup 30 menit sehari dipagi hari dapat membuat tubuh kita bugar. Anak kos yang ingin bugar bisa dengan cara ini, yaitu bangun dipagi hari sebelum mandi melakukan olahraga 30 menit seperti jogging, skipping, angkat beban atau senam. Hanya dengan 30 menit setiap pagi tubuh kita akan tetap bugar dan sehat walaupun mengikuti banyak kegiatan.

Yuk simak tips jaga kesehatan untuk anak kos di blog keren yang ditulis Farhan RM di Forum Liputan6 dengen mengeklik tautan berikut ini. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Mereka Menjala Paku dari Jalanan Jakarta. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.