Sukses

Mie Lethek Mbah Mendes, Kuliner Wajib Saat di Jogja

Mie Lethek Mbah Mendes menjadi kuliner khas yang wajib diicip saat berkunjung ke Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jika Anda sedang berkunjung ke Jogja, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi masakan khasnya. Ya, gudeg menjadi salah satu kuliner khas dan paling dicari setiap wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Anda akan menemukan banyak sekali tempat makan khas Gudeg, mulai dari warung makan kecil di pinggir jalan dan sangat kental dengan suasana tradisionalnya, sampai dengan yang sudah dikemas menjadi sebuah restoran yang megah.

Namun jangan salah selain gudeg, Yogyakarta juga terkenal dengan bakmi jawanya. Salah satu kabupaten di Yogyakarta, Bantul, bahkan terkenal memiliki kuliner khas yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kuliner ini terkenal dengan nama Mie Lethek.

Mendengar nama mie lethek mungkin masih asing di telinga kita. Lethek sendiri dalam bahasa Jawa artinya kotor atau kusam. Nah mie ini dinamakan mie lethek karena secara visual warnanya kusam, meski begitu proses pembuatannya terkesan jauh dari kata kotor atau kusam sehingga sangat aman dikonsumsi.

Mie lethek terbuat dari bahan tepung tapioka dan gaplek dengan proses tradisional dan sehat tanpa bahan pengawet dan pemutih. Warnanya yang lethek merupakan warna asli tapioka atau tepung ketela yang dijemur di bawah sinar matahari

Nasi goreng jagung dan mie lethek Mba Mendes, Sleman, Yogyakarta. Foto: dhitakoesno.

Salah satu warung makan mie lethek yang sedang hits adalah Mie Lethek Mbah Mendes yang berada di Jl. Ringroad Utara Maguwoharjo, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY. Warung yang berdiri di akhir tahun 2014 ini menjadi salah satu pelopor penggunaan Mie Lethek asli Bantul sebagai bahan dasar pembuatan aneka menu Bakmi.

Mendes sendiri pada zaman dulu merupakan ungkapan yang sering digunakan di daerah Bantul yang berarti centil dan galak. Menurut sang pemilik, Mbah Mendes sang pelopor mie lethek, orangnya memang terkenal centil dan galak. Tapi Mendes jika disingkat bisa juga berarti Menu Desa. Simak kelanjutan blog keren dari @dhitakoesno di Forum Liputan6 dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Perempuan Bertato di Mata Pria. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini