President University Kenalkan Industri Digital pada Siswa SMA

Oleh Mulyono Sri Hutomo pada pada 18 Nov 2016, 18:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta Informasi dan komunikasi diwarnai dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, baik teknologi perangkat, aplikasi, jaringan, ataupun konten. Pertumbuhan industri digital merupakan kesempatan bagi para siswa untuk bersaing.

Hal itulah yang membuat Himpunan Mahasiswa Fakultas Komputer President University, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat, menggelar workshop Compsphere 2016. Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan 'Compsphere' yang dilaksanakan setiap tahun.

Sebanyak 40 siswa SMA dari Jakarta dan Bekasi diajak untuk menciptakan aplikasi Android secara langsung dengan mudah tanpa menggunakan kode. Dalam acara tersebut, para siswa diajarkan mengenai Perangkat MIT App Inventor, yang sebelumnya telah banyak digunakan oleh siswa di dunia termasuk di Indonesia.

"Perangkat MIT App Inventor memudahkan para pengembang pemula untuk membuat aplikasi tanpa menggunakan kode-kode yang membingungkan. Caranya semudah menarik dan melepas klik di mouse drag and drop," kata Muhammad Iqbal Lukman, mahasiswa Teknik Informatika di President University.

Lead Manager Uber, M. Gia Adhika Putra memberikan materi dalam workshop Compsphere 2016. Foto: Icha Predrika

Iqbal menambahkan, Android sudah berkembang di seluruh dunia. Apalagi pertumbuhannya di Indonesia sangat pesat. Jadi, ini kesempatan bagi para siswa SMA untuk berkompetisi secara global dan menciptakan peluang bisnis dengan membuat aplikasi yang bermanfaat untuk banyak orang.

Dalam acara ini, perusahaan aplikasi digital Uber dan pengembang permainan Touchten Games juga memberikan pengetahuan industri digital. Selain itu, Compshphere 2016 menghadirkan pameran karya akhir mahasiswa dan temu alumni. Para mahasiswa juga menggelar lomba cerdas cermat, konsep presentasi Powerpoint, dan pengembangan aplikasi Android.

Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Restoran di Texas Gunakan Rumus Matematika jadi Kunci Wi-Fi. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

Penulis

Feny Sasmitha - Politeknik Negeri Jakarta