Sukses

Pesona Pulau Pramuka, Indahnya Lebih Dari yang Kamu Duga

Tak banyak yang mengetahui keindahan dan Pulau Pramuka. Berwisata dan mengenal alam menjadi satu hal yang menarik untuk dicoba saat liburan.

Liputan6.com, Jakarta - Deburan ombak, laut biru, dan hamparan pasir putih yang membentang seakan membuat Anda menyergap ketika berada di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Pulau berpenduduk sekitar 1.700 jiwa ini adalah penghubung ke sejumlah lokasi snorkeling dan penyelaman di kawasan Kepulauan Seribu Utara.

Tak perlu jauh-jauh ke Wakatobi, Labuan Bajo, atau Raja Ampat untuk sekadar menikmati pasir putih, pantai berair jernih, atau ekosistem karang laut. Untuk dapat sampai di Pulau Pramuka, Anda dapat menyeberang dengan kapal ferry dari dermaga Muara Angke. Jika cuaca bersahabat, perjalanan dapat ditempuh selama dua jam. Namun, apabila cuaca sedang buruk, perjalanan bisa mencapai tiga jam.

Keindahan alamnya, keramahan penduduknya, jernih air laut yang biru, terumbu karang yang indah, dan hamparan pasir putih di sekitar pantai membuat semua orang terpesona dibuatnya.

Pulau yang termasuk Taman Nasional Laut di Jakarta ini memiliki luas 9 hektar dan berada di wilayah kecamatan Pulau Panggang. Pulau Pramuka adalah salah satu gugusan Kepulauan Seribu yang merupakan pusat pemerintahan kabupaten administrasi Kepulauan Seribu. Fasilitas lain yang dimiliki Pulau Pramuka bagi warga atau wisatawan, yaitu mulai dari tempat penginapan (homestay), rumah makan, penyewaan alat snorkeling, rumah sakit, masjid, hingga lapangan olahraga.

Jika Anda tak ingin melewatkan sedetik pun suasana pantai dan laut, Anda dapat menyewa homestay atau tempat penginapan yang letaknya menghadap langsung ke laut. Tak terbayangkan indahnya deburan ombak yang merdu suaranya. Anda tak perlu bingung untuk mencari tempat penginapan di Pulau Pramuka, karena keramahan penduduknya yang membuka pintu selebar-lebarnya bagi wisatawan yang datang.

Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Perempuan Muda Ini Berkunjung ke Setiap Negara di Dunia. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

 

Penulis

Feny Sasmitha - Politeknik Negeri Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini