Tamasya Jogja, Dari Goa Pindul sampai Pantai Ngobaran

Oleh Yulia Lisnawati pada 11 Nov 2016, 06:19 WIB

Liputan6.com, Jakarta Berbicara mengenai Yogyakarta pasti tidak akan lepas dari destinasi wisata. Ya, Daerah yang diistimewakan itu memang punya segudang tempat wisata yang menawarkan berbagai keindahan di dalamnya, seperti pesona alam dan kekayaan budaya. Termasuk Asran Shady yang ingin membuktikan keindahan dari tempat-tempat wisata di kota pelajar dan sekitarnya tersebut.

Kali ini, destinasi pertama yang dikunjungi Asran adalah Goa Pindul yang terletak di dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kab. GunungKidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Goa Pindul merupakan wisata susur goa sepanjang 650 meter, sehingga butuh waktu 60 menit untuk menyusurinya. Sebelum menuju ke lokasi Goa, wisatawan harus menggunakan pelampung terlebih dahulu. Setelah menggunakan pelampung, untuk mencapai lokasi goa, wisatawan harus menumpang kendaraan tradisional yaitu Pajero (Panas Njobo Njero atau Panas Luar Dalam).

Goa Pindul mulai dioperasikan oleh masyarakat setempat sekitar tahun 2010. Dengan menyusuri goa ini, Wisatawan dapat melihat beragam stalaktit, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Bahkan, stalaktit terbesar ke-4 di dunia pun terdapat di dalam goa ini. Stalaktit tersebut biasa disebut Stalaktit Sokoguru oleh masyarakat setempat. Selain stalaktit berukuran besar, banyak juga stalaktit yang hingga kini menjadi mitos dan ramai dibicarakan. Stalaktit yang dimaksud yaitu stalaktit Jantan. Konon, menurut mitos, jika kaum pria yang sanggup memegang stalaktit itu, vitalitasnya akan bertambah.

Setelah asyik memacu adrenalin dengan menyusuri goa, Asran mengunjungi salah satu kerajinan kulit di Jalan Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Sentra Industri Kulit Manding namanya. Kabarnya, Sentra kulit ini sudah ada sejak tahun 1947. Hasil kerajinan kulit yang dihasilkan pun beragam, mulai dari sepatu, jaket, ikat pinggang dan tas. Tak hanya melihat hasil jadi dari kerajinan kulit itu, Asran pun mengunjungi rumah produksi yang tidak jauh dari tokonya.

Petualangan Asran pun berlanjut ke salah satu pantai di Kawasan Wisata Gunung Kidul. Pantai itu ialah Pantai Ngobaran. Tidak seperti pantai lainnya, pantai ini memiliki rasa yang sama dengan pantai-pantai di Pulau Bali. Keunikan yang terdapat pada pantai tersebut yaitu terdapat pura yang terletak sangat dekat dengan bibir pantai. Ingin tahu petualangan Asran Shady menjelajah ke beragam tempat wisata di Yogyakarta? Saksikan dalam Fokus Akhir Pekan, minggu pukul 15.00 WIB, hanya di Indosiar.

Penulis:

Dedy Z

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.