Mahasiswa UGM Temukan Cara Alami Berantas DBD

Oleh Mulyono Sri Hutomo pada 30 Okt 2016, 11:30 WIB
Diperbarui 30 Okt 2016, 11:30 WIB
Tips Ampuh Usir Nyamuk dengan Racikan Alami Buatan Sendiri
Perbesar
Tips Ampuh Usir Nyamuk dengan Racikan Alami Buatan Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tekstur kulit buah bergerigi dan rasanya yang pahit sering membuat pare dihindari untuk dikonsumsi. Tak banyak orang yang bisa mengolah pare sebagai hidangan lezat karena rasanya yang pahit dan getir. Padahal pare juga berkhasiat untuk kesehatan. Tak hanya untuk kesehatan tubuh manusia, ternyata buah dan biji pare mampu membunuh jentik nyamuk demam berdarah dengue (DBD).

 

"Dalam buah dan biji pare mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, dan terpenoid yang cukup tinggi. Keempat senyawa itu memiliki kemampuan untuk membunuh jentik nyamuk," jelas Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Diyah Tri Utami, di Kampus UGM, seperti dikutip dari laman Antara.

Senyawa tersebut bisa mematikan syaraf dan menyerang sistem pernafasan yang bisa mengakibatkan kematian pada hewan-hewan kecil seperti jentik nyamuk.

Ia menjelaskan, DBD masih menjadi penyakit yang mengancam kesehatan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Posisi Indonesia yang berada di wilayah tropis, katanya, menjadikan Indonesia berpotensi menjadi tempat berkembangnya penyakit DBD.

"Data Kementerian Kesehatan mencatat, masih terjadi sebanyak 7.244 kasus DBD di Indonesia selama tahun 2015," lanjutnya. Simak kelanjutan artikel dan video dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Benarkah Minum Kopi Bikin Panjang Umur? Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya