Sukses

Penemuan Gua Misterius, Dihuni Makhluk-Makhluk Prasejarah

Karena terisolasi dari dunia luar, gua ini dihuni oleh makhluk zaman prasejarah yang mengerikan. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Dunia di dalam dunia mungkin konsep dari sci-fi yang menggoda banyak orang. Namun, bisakah hal itu terjadi?

Di Rumania tenggara, dekat dengan Laut Hitam, terletak sebuah gua bawah tanah yang terputus hubungan dengan dunia luar selama lebih dari 5,5 juta tahun. Kurangnya sinar matahari tidak membuat evolusi kehidupan di gua itu berhenti meski benar-benar terasing dari dunia luar. 

Pada tahun 1986, para pekerja yang menguji kelayakan lahan untuk pembangkit listrik tak sengaja menemukan gua tersebut. Cristian Lascu adalah ilmuwan Rumania pertama yang turun ke dalam gua itu.

Untuk menjaga kemurnian lingkungan gua tersebut, pihak berwenang Rumania telah menyegel gua itu dari khalayak ramai. Kurang dari 100 orang yang pernah masuk ke dalamnya sampai sekarang ini.

Pada tahun 2010, ahli mikrobiologi Boden mengunjungi gua dan menggambarkannya sebagai tempat yang panas dan lembab. Lebih lanjut, ia menyebutkan kalau kolam sulfat menghasilkan hidrogen sulfida ketika terganggu. Atmosfer di dalam gua itu penuh racun.

- 

Oksigen yang ada, tidak cukup untuk membiasakan seseorang bernapas dengan nyaman. Sakit kepala adalah gejala yang pertama kali terasa. Lebih dari enam jam, udara beracun di sana dapat membahayakan ginjal manusia.

Walau demikian, gua ini memiliki makhluk hidup dengan bentuk mengerikan. Ada lintah yang berenang dan memakan cacing tanah, udah dan siput yang memakan mikroba, laba-laba beracun, dan kalajengking. Semuanya memiliki bentuk yang aneh.

Sebagian besar hewan tidak memiliki mata. Mereka memiliki antena untuk membantu merasakan lingkungan sekitar. Kurangnya pigmentasi membuat kulit hewan-hewan itu tembus pandang. Malahan, ilmuwan juga menemukan bakteri yang terdapat di zaman Romawi kuno.

-

Kondisi di dalam gua mirip dengan bumi purba ketika pertama kali berevolusi. Bisa jadi, hewan-hewan yang hidup di dalam gua itu tak jauh berbeda dengan mereka yang hidup saat bumi pertama kali terbentuk.

Meski 30 tahun telah berlalu sejak gua ini pertama kali ditemukan, namun masih banyak rahasia yang belum terungkap. Hingga kini, para ilmuwan masih berusaha menguak misteri tersebut tanpa merusak lingkungan asli gua tersebut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini