Puluhan Belatung Keluar dari Telinga Bocah Ini, Kok Bisa?

Oleh Sulung Lahitani pada 11 Okt 2016, 15:45 WIB
Diperbarui 11 Okt 2016, 15:45 WIB
Jarang Dibersihka, Puluhan Belatung Keluar dari Telinga Bocah Ini
Perbesar
Awalnya, anak kecil ini mengeluh sakit. Ternyata puluhan belatung telah bersarang dalam telinganya

Liputan6.com, Jakarta Radhika Mandloo dari desa Djar, Madhya Pradesh, India tengah suatu malam terbangun dengan rasa sakit yang hebat di telinga kirinya. Gatal-gatal dan rasa sakit tersebut berlanjut selama seminggu penuh. Awalnya orang tuanya hanya berpikir anaknya kemasukan serangga.

Namun ketika anak kecil itu mulai terus menerus menangis, mereka akhirnya membawa anak mereka ke rumah sakit. Dokter yang melakukan pemeriksaan menyeluruh pada gadis kecil tersebut, terkejut saat menemukan serangga yang bertelur di dalam telinga si bocah.

Dilansir dari Mirror, Selasa (11/10/2016), serangga yang termasuk Genus Chrysomya itu telah bertelur di dalam telinga hingga 80 butir. Kemungkinan, serangga itu bertelur di dalam telinga Radhika karena bagian dalam telinga yang begitu kotor.

"Saya sangat terkejut melihat begitu banyak telur serangga di dalam telinganya. Mungkin, serangga itu tertarik bertelur di sana karena bau busuk dan kotoran yang tidak dibersihkan," terang Dr Mundra yang memeriksa bocah tersebut.

-

Ia menambahkan, telinga dan hidung merupakan daerah yang paling rentan dan terbuka bagi serangga untuk masuk dan bertelur. Anak perempuan itu pun harus duduk menahan sakit selama 90 menit saat dokter membersihkan dan mengangkat semua cacing dan telur dari telinganya.

"Kami harus hati-hati agar tidak merusak telinganya. Pertama, kami harus membunuh cacingnya yang jumlahnya mencapai 70," terang dia.

Selanjutnya, dokter tersebut membersihkan semua telur yang tersisa di dalam telinga anak itu. Untungnya, tidak ada cacing yang ditemukan di otak.

"Telat seminggu, cacing-cacing itu bisa masuk ke dalam otak dan mengancam jiwanya."

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6