Sukses

Pundi Amal SCTV Gelar Operasi Tumor Gratis di KRI Makassar-590

Pundi Amal SCTV kali ini mendatangi Pulau Karimata untuk melakukan bakti sosial.

Liputan6.com, Jakarta Kedatangan KRI Makassar di Kepulauan Karimata disambut gembira warga di pulau seluas 77000 hektar yang terletak di sebelah Barat, Ketapang, Kalimantan Barat.

Hari itu, 24 dan 25 September 2016 kami tiba di Desa Padang, Kec.Kepulauan Karimata, Kab. Kayong Utara. KRI Makassar lego jangkar di perairan Pulau Karimata pukul 19.00 WIB dan keesokan harinya pukul 08.00 kami bertolak ke Desa Padang, sekitar 15 menit.

Hari itu, kami melayani Ny. Rapiah (22) yang dengan lega dan gembira menerima kedatangan kami yang terdiri dari Tim TNI AL, tim Pundi Amal SCTV dan Peduli Kasih Indosiar.

Pundi Amal SCTV Gelar Operasi Tumor Gratis di Makassar

Rapiah istri seorang nelayan mengandung anak pertama mereka. Saat mendengar di dalam tim kami juga ada dokter obgyne (spesialis kandungan), Rapiah segera memeriksakan kandungannya.

Pundi Amal SCTV Gelar Operasi Tumor Gratis di Makassar

Ia mendapatkan pelayanan USG (Ultra SonoGrafi) untuk mengetahui kondisi bayinya. Dari USG tersebut diketahui bayinya berjenis kelamin perempuan berusia 21 minggu dengan berat 390,4 gram dengan kondisi sehat.

Inilah untuk pertama kalinya Rapiah dan sejumlah warga Desa Padang menikmati pelayanan USG. Selama ini, untuk mendapatkan pelayanan USG, mereka harus ke Kota Ketapang menggunakan alat transportasi air dengan waktu tempuh selama 8 jam. Seperti yang dialami Ny. Rapiah ketika mengalami pre emesis (muntah-muntah).

Pundi Amal SCTV Gelar Operasi Tumor Gratis di Makassar

Selain memeriksakan kandungannya Ibu Rapiah juga menanyakan kondisi benjolan di ketiak kanannya kepada dokter spesialis bedah. Dr. Adventy,SpB, spesialis bedah yang ikut bersama kami mendiagnosa benjolan itu Mamae Abraam Dextra atauTumor Jinak yang dapat diangkat melalui operasi.

Pundi Amal SCTV Gelar Operasi Tumor Gratis di Makassar

Untuk melaksanakan operasi tersebut, Ibu Rapiah pun diboyong menggunakan LCVP/ (Landing Craft Vehicle Personnel /sekoci)ke KRI Makassar yang lego jangkar di tengah laut perairan Karimata. Dia bersama beberapa pasien lainnya menjalani operasi di container medis.

Penulis:

Windry

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini