Sambaran Petir Ini Pecah Rekor Dunia, Berapa Panjangnya?

Oleh Sulung Lahitani pada 04 Okt 2016, 06:32 WIB
Diperbarui 04 Okt 2016, 06:32 WIB
Sambaran Petir Ini Pecah Rekor Dunia, Berapa Panjangnya?
Perbesar
Sambaran petir juga dapat memecahkan rekor dunia. Berapa panjangnya?

Liputan6.com, Jakarta - Petir tidak menyambar tempat yang sama dua kali. Itu yang biasanya kita ketahui. Tapi kadang-kadang, petir bisa melakukan sesuatu yang menakjubkan untuk memecahkan rekor. Dan semuanya tercatat dalam data Organisasi Meteorologi Dunia (WMO).

Menurut WMO, pada bulan Juni tahun 2007, tercatat sambaran petir paling panjang di dunia. Petir yang menyambar di Oklahoma, Amerika Serikat tersebut panjangnya mencapai 321 kilometer dengan durasi hampir enam detik.

Sementara sambaran petir terlama di dunia yang pernah tercatat yakni yang terjadi di selatan Perancis pada bulan Agustus 2012. Waktu itu, sambaran petirnya berlangsung selama 7,74 detik. Kedua peristiwa tersebut, menjadi rekor dunia yang tercatat oleh WMO.

"Penyelidikan ini menyoroti fakta bahwa dengan kemajuan meteorologi dan klimatologi, ahli iklim dapat memantau dan mendeteksi peristiwa cuaca lebih detail dari sebelumnya," jelas Randall Cerveny, Kepala Pelapor Iklim dan Cuaca Ekstrem untuk WMO, seperti dilansir dari Foxnews, Senin (03/10/2016).

Ia melanjutkan, hasil akhirnya nanti akan memperkuat informasi keselamatan tentang petir. Khususnya bahwa petir dapat menaklukkan jarak yang panjang dalam sambarannya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6