Sukses

Tanjung Berlian Kota Kembangkan Ekowisata Bahari, Yuk Kesini

Kegiatan diskusi ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa KKN Kebangsaan untuk menggali potensi lokal.

Campus CJ, Jakarta- Mahasiswa KKN Kebangsaan yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Berlian Kota, Kecamatan Kundur Utara, Provinsi Kepulauan Riau melakukan FGD (Focus Group Discussion) bersama masyarakat dan pemerintahan setempat. Kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan ekowisata lokal.

Kegiatan diskusi ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa KKN Kebangsaan untuk menggali potensi lokal yang belum ditemukan atau terlewati saat melakukan inventarisasi awal mengenai potensi daerah. Program kerja yang digagas oleh mahasiswa KKN Kebangsaan ini sejalan dengan tema yang diusung oleh UMRAH (Universitas Maritim Raja Ali Haji) selaku panitia pelaksana, yaitu "Pengembangan Ekowisata Bahari Pulau 3T (Terdepan, Tertinggal, Terisolir) di Provinsi Kepulauan Riau Berbasis Masyarakat Sebagai Strategi Menjaga Kedaulatan NKRI".

FGD yang dilaksanakan di gedung KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kecamatan Kundur Utara dihadiri para pemuka masyarakat, di antaranya Bapak Camat Kundur Utara, Lurah Tanjung Berlian, ketua RT, ketua RW, para pemuda, dan masyarakat di Kelurahan Tanjung Berlian Kota, serta mahasiswa KKN dari Univesitas Lain di kelurahan yang sama. FGD berjalan dengan tertib, beberapa warga memberikan tanggapan dan saran terkait dengan potensi daerah yang belum disadari oleh mahasiswa KKN Kebangsaan 2016 "Untuk yang pertama, kegiatan ini sudah cukup bagus. Oleh karena itu, sebaiknya ada follow up kembali kepada masyarakat," komentar Lurah Tanjung Berlian Kota di akhir acara.

Sementara Camat Kundur utara mengatakan, “Dengan adanya kegiatan KKN Kebangsaan di Kecamatan Kundur Utara Khususnya di Kelurahan Tanjung Berlian kota kami menyambut positif kegiatan ini, terutama dalam hal ekowisata bahari yang juga sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Karimun yang berbasis Maritim.

Ini adalah langkah awal yang baik berupa penyampaian program kerja yang akan dilakukan satu bulan kedepan. Dan dalam pelaksananya nanti saya berharap pemerintah, pengusaha, dan masyarakat dapat berkerjasama dengan baik”. Kami berharap kegiatan ini menjadi awal yang baik bagi kami untuk melaksanakan program kerja sebulan kedepan.

 

Penulis:

Asbi Adi Nugraha

Universitas Maritim Raja Ali Haji

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail:
campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.