Sukses

Wahyudi, Warga Belanda Butuh Bantuan Cari Keluarga di Indonesia

Seorang warga Belanda asal Indonesia bernama Wahyudi meminta bantuan mencari keluarga kandungnya.

Liputan6.com, Jakarta - Masa-masa peperangan membuat banyak anak yang terpisah dari orang tuanya. Tak heran, banyak terdengar kisah seseorang yang diadopsi oleh warga negara asing kemudian mencari keluarga mereka kembali ketika dewasa. Salah satu dari mereka adalah Wahyudi Hoekstra.

Wahyudi adalah orang Indonesia yang tinggal di Belanda. Ia berpisah dengan orang tuanya sewaktu kecil dan dibawa ke Belanda oleh orang tua angkatnya. Sejak tahun 2003, Wahyudi mencari keluarga kandungnya yang diperkirakan berada di Surabaya namun tidak juga ditemukan. Wahyudi bahkan sampai membuat laman khusus di Facebook untuk meminta bantuan mencari keluarganya. Berikut kalimat yang ia tulis di kertas pencarian. 

"Umur saya sekarang 39 tahun dan tinggal di Leeuwarden, Belanda. Sejak 2003 saya mencari saya keluarga kandung saya yang berada di Indonesia. Pada 2003, 2006 dan 2010, saya telah mencari di Surabaya menggunakan media dan bertanya ke masyarakat setempat, tetapi sayangnya saya tidak mendapat tanggapan.

Tahun ini saya datang kembali ke Indonesia dan berharap menemukan keluarga kandung saya. Berikut ini adalah sedikit cerita saya: saya ditinggalkan di daerah yang dekat Jalan Rongelawe (ROONGGOLAWE, red) Nomor 2 di Surabaya, sekitar 31 Mei 1977. Mungkin saya hanya dilahirkan beberapa jam sebelumnya. Saya ditemukan oleh seorang polisi yang lalu membawa saya ke rumah sakit Dr. Soetomo.

Setelah beberapa hari saya dibawa ke panti asuhan Yayasan Kartini dan setelah tujuh bulan, saya diadopsi oleh orang tua saya ke Belanda. Jadi saya berharap beberapa keluarga akan mengenali saya melalui cerita ini dan saya berharap seseorang akan menghubungi saya di facebook atau melalui email."

Pada tanggal 24 Juli 2016, Wahyudi akan kembali datang ke Indonesia melanjutkan pencariannya. Wahyudi mengaku akan terus berusaha mencari keluarga kandungnya selama masih diberi umur panjang. Bagi yang mengetahui informasi keluarga kandung Wahyudi, bisa menghubungi beliau di laman Facebook-nya.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang mudik, bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.