Seru, Lomba Lari Gendong Istri di Finlandia

Oleh Mulyono Sri Hutomo pada 05 Jul 2016, 05:00 WIB
Diperbarui 08 Jul 2016, 03:18 WIB
20160702-Kompetisi Unik nan Romantis di Finlandia, Lomba Lari Sambil Gendong Istri-Finlandia

Liputan6.com, Finlandia - Bulan Juli menjadi menjadi penanda digelarnya tradisi unik lomba lari gendong istri di Finlandia. Pasangan suami-istri akan mengadu kekuatan, kerjasama dan strategi dalam kompetisi romantis yang unik ini.

Meskipun terdengar seperti guyonan, kompetisi gendong ini memiliki akar sejarah yang cukup panjang. Berawal dari awal abad ke 19, perlombaan unik ini berdasar dari legenda pencuri legendaris Finlandia, Herkko Rosvo-Ronkainen. Konon, ia menguji anggota geng pencurinya dengan membawa karung gandum dan ternak hasil jarahan di bahu atau kepalanya.

Namun, ada juga yang menyebutkan kompetisi gendong istri ini berawal upaya para lelaki menyelamatkan nyawa istri dan anak mereka dari serangan bajak laut di desa pesisir Finlandia. Menghindari  para bajak laut, anak-anak dan istri digendong bergantian sambil berlari menghindari kejaran.

Tahun ini, sekitar 50 pasangan dari 12 negara ikut ambil bagian dalam lomba, yang berlangsung di Sonkajärvi, kota kecil di Finlandia yang memiliki 4.600 penduduk.

Pasangan asal Rusia, Dimitriy Sagal dan Anastasia Loginova, mencatatkan waktu tercepat mereka yakni satu menit dua detik. Pasangan ini sukses mengalahkan juara bertahan, yang telah lima kali berturut-turut menjuarai kompetisi. Simak kelanjutan artikel, video dan galeri fotonya dengan meng-klik tautan berikut ini.

Artikel Rekomendasi

Fakta Unik Dibalik 'Kenikmatan' Robot Seks

Hai Ladies, Jangan Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Berhubungan Seks

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.