Empat Fakta Indahnya Islam di Korea Utara

Oleh Azwar Anas pada 26 Jun 2016, 15:04 WIB
Diperbarui 26 Jun 2016, 15:04 WIB
Islam di Korea Utara
Perbesar
Korea Utara dan Islam mungkin bukan padanan yang pas, tapi faktanya Islam berkembang di sana meskipun sangat lambat.

Liputan6.com, Jakarta Dalam beragam jenis pemberitaan selalu dikatakan jika Korea Utara adalah cerminan dari sebuah negara yang tidak berkemanusiaan. Hampir setiap berita yang kita cerna terhadap Korea Utara selalu berakhiran dengan kabar miring dan negatif. Dikatakan jika negara yang bersaudara dengan Korea Selatan ini dikenal sangat tertutup dan juga ketak akan aturan pemerintahannya.


Apalagi terhadap urusan keyakinan dan agama pemerintah Korea Utara memiliki cara sendiri untuk mengaturnya. Segala atribut yang berhubungan dengan agama yang tidak diakui di Korea Utara dikatakan sangat dilarang.

Jangankan untuk mendirikan tempat ibadah, menunjukkan diri dengan tanda pengenal agama tertentu saja bisa fatal akibatnya. Meskipun begitu, menurut kabar lainnya dikatakan ada beberapa agama yang masih bisa diberikan izin oleh pemerintahnya.

Karena tuntutan dari pemerintah, rata-rata penduduk Korea Utara adalah penganut Juche, meskipun demikian bukan berarti agama lain tak bisa di anut oleh kalangan masyarakat disana. Ternyata dalam perkembangannya beberapa agama populer dunia seperti islam juga mendapatkan tempat termasuk Islam.

Hal ini jadi sesuatu yang mungkin tak pernah disangka banyak orang. Bahkan Islam di sini tak hanya diakui, tapi diperbolehkan sebebas-bebasnya untuk dijalankan, namun dengan satu dua pengecualian.

Korea Utara dan Islam mungkin bukan padanan yang pas, tapi faktanya Islam berkembang di sana meskipun sangat lambat. Nah, berikut adalah fakta-fakta unik tentang Islam di negaranya Kim Jong Un tersebut.

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.