Awas, Sering Main Ponsel Sebelum Tidur Dapat Sebabkan Kebutaan

Oleh Mulyono Sri Hutomo pada 24 Jun 2016, 16:04 WIB
Diperbarui 24 Jun 2016, 16:04 WIB
Sering Main Ponsel Sebelum Tidur Dapat Sebabkan Kebutaan
Perbesar
Sering Main Ponsel Sebelum Tidur Dapat Sebabkan Kebutaan. Foto : SHUTTERSTOCK

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya sekedar alat komunikasi, ponsel pintar atau smartphone menjadi alat untuk mendukung gaya hidup masyarakat modern. Bahkan, hampir di setiap kwartal beberapa perusahaan teknologi merilis ponsel baru terbaru yang membuat pemiliknya aktif di media sosial.

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi yang pesat, ketergantungan ponsel menjadi semakin tinggi. Tak jarang, waktu menjelang tidur digunakan netizen untuk mengunggah status dan foto.

Ternyata aktivitas memainkan ponsel di kamar menjelang tidur dengan penerangan minim mengganggu kesehatan mata. Laman Womens Health melansir berita, seorang wanita telah menjadi buta buta sementara setelah beberapa saat menggunakan ponselnya di kamar gelap sebelum tidur.

Menurut sebuah studi kasus baru yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine, cahaya terang dari ponsel dapat menyebabkan penglihatan buta. Setidaknya untuk sementara.

Dalam satu kasus, seorang wanita 22 tahun itu mengalami kehilangan penglihatan di mata sebelah kanannya setelah menggunakan ponsel dalam waktu lama di malam hari. Simak bagaimana kebutaan sementara ini terjadi dengan meng-klik tautan berikut ini.

Artikel Rekomendasi

Tanda-tanda Kehidupan Seks yang Sehat Menurut Seksolog

5 Fakta Tentang Ciuman

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.