Sukses

Bocah Asal Aceh Naufal Raziq Temukan Pohon Berenergi Listrik

Usianya baru 14 tahun ketika menemukan alat yang disebut Alat Energi Listrik dari Pohon

Liputan6.com, Jakarta Perkenalkan, namanya Naufal Raziq siswa Alat Energi Listrik dari Pohon Kedondong. Di tengah keterbatasan, Naufal telah mampu menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. 

Dilansir National Geographic, Naufal menemukan pohon yang dapat dimanfaatkan sebagai penyalur energi listrik. Dengan alat sederhana yang diciptakan Naufal, kini ia mampu memanfaatkan energi listrik dari pohon di sekitar rumahnya.

Ia mengaku mendapat ide dari pelajaran di kelas mengenai fotosintesis. Ia kemudian mencari pohon yang mempunyai kadar asam sangat tinggi yakni pohon kedondong. "Mengapa saya menggunakan pohon ini, karena selain kadar asamnya tinggi, ia juga sangat kokoh," ujarnya.

Naufal mengatakan, energi yang diambil dari pohon kini sudah dapat digunakan sebagai penerangan listrik di rumahnya. Akan tetapi untuk beberapa alat elektronik seperti kulkas dan televisi belum dapat digunakan karena mempunyai energi yang tinggi.

"Voltase yang dihasilkan masih lemah, amperanya masih kecil namun jika menggunakan alat yang lebih canggih tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan ampera yang lebih besar," ujarnya.

Naufal hidup dari keluarga sederhana, kemahiran perihal elektronik ia dapatkan dari ayahnya yang tak lain adalah seorang teknisi elektronik di kampungnya. Naufal melakukan berbagai percobaan pun dengan memanfaatkan alat-alat milik ayahnya.

Naufal adalah contoh remaja Indonesia yang berprestasi, ia merupakan aset daerah yang harus didukung oleh semua pihak. Ia bercita-cita menjadi ilmuwan di masa yang akan datang.
Berikut video percobaan Naufal Raziq.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.