Sukses

Angkut 1.200 Penumpang, Transit Elevated Bus Mampu Atasi Macet

Transit Elevated Bus, merupakan model busway unik untuk mengatasi macet. Purwarupa ini dipamerkan di Beijing, Tiongkok.

Citizen6, Jakarta - Seperti negara Asia yang sedang bertumbuh tingkat ekonominya, Tiongkok berjuang keluar dari kemacetan lalu lintas. Saking parahnya kemacetan di sana, Shanghaiist menyebutnya sebagai lalu lintas neraka, sebagaimana dilansir pada Selasa (24/5/2016). Kini pemerintah Tiongkok mencoba konsep Transit Elevated Bus (TEB) sebagai angkutan massal sebagai solusi mengatasi kemacetan.

Transit Elevated Bus (TEB) adalah konsep angkutan publik di mana penumpang bus akan naik di atas, sementara lalu lintas melaju nyaman di bawahnya. Ini adalah sesuatu yang baru, yang mana purwarupa dari TEB ini dipamerkan dalam ajang 19th China Beijing International High-Tech Expo. Ajang tahunan ini sendiri berlangsung dari 19 - 22 Mei 2016 di kota Beijing, Tiongkok.

Konsep Transit Elevated Bus ini diajukan oleh Shenzhen Hashi Future Parking Equipment Co, Ltd. Sekilas purwarupa yang diperlihatkan tampak seperti kereta bawah tanah atau kereta api dengan rel jalan raya. Bus memiliki tinggi 4 - 4,5 meter dengan dua tingkat. Penumpang berada di tingkat atas sementara kendaraan lain lebih rendah dari 2 meter dapat melaju melalui sela di bawah bus.

Dalam purwarupa yang dipamerkan, bus ini menggunakan penggerak listrik dan energi matahari. Bus ini dapat melaju hingga 60 kilometer per jam dan mengangkut 1.200-1.400 penumpang pada sekali keberangkatan tanpa menghalangi jalan kendaraan lain. Dikatakan bahwa bus dapat mengurangi kemacetan lalu lintas 20 sampai 30 persen.

Simak video dan kelanjutan artikel Transit Elevated Bus dengan meng-klik tautan ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.