3 Fakta Unik Ini Hanya Ada di Asrama Putri UIN Jakarta

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 25 Mei 2016, 09:31 WIB
Diperbarui 25 Mei 2016, 09:31 WIB
3 Fakta Unik Ini Hanya Ada di Asrama Putri UIN Jakarta
Perbesar
Mau tahu beragam keunggulan menarik di asrama putri UIN Jakarta?

Citizen6, Jakarta Apakah kamu pernah menghuni asrama putri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta? Bagi kamu yang menempuh pendidikan di UIN Jakarta dan berasal dari luar daerah, asrama menjadi pilihan tempat tinggal yang cocok. Ada beragam keunggulan menarik di asrama putri UIN Jakarta.

Asrama tidak hanya sebagai tempat menetap untuk mahasiswa, melainkan wadah yang kaya akan pengetahuan dalam bidang sosial, religi, dan public speaking. Penghuni asrama putri juga mahasiswa yang memeroleh beasiswa. Segala urusan asrama putri UIN Jakarta dipegang oleh Nailil Huda Nuriz selaku pembina.

  • Beasiswa

Pembinaan di asrama putri ditujukan kepada mahasiswa yang mendapat beasiswa. Mahasiswa reguler yang mengikuti program beasiswa juga berhak menempati asrama. Program pembinaan dilakukan seperti belajar di kampus. Waktu pembinaan dilakukan pada malam hari agar tidak mengganggu jadwal kuliah mahasiswanya.

Lima bidang studi, yakni bahasa Arab, bahasa Inggris, Alquran, Fiqih Ibadah, dan public  speaking. Melalui program ini, mahasiswa diharapkan kompetensi ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang bahasa Inggris dan Arab yang dimiliki dapat meningkat. Hal itu demi mewujudkan kampus UIN Jakarta sebagai World Class University.

LPDP Hunter UIN Jakarta bangkitkan gairah semangat para mahasiswa untuk mengejar beasiswa LPDP.

  • Organisasi Khusus

Mahasiswa yang tinggal di asrama mempunyai dua organisasi, yaitu OMM (Organisasi Mahasantri Mahad) dan OSIA (Organisasi Santri Intra Asrama). OMM dikhususkan bagi para penerima beasiswa.

Organisasi ini bertujuan untuk melatih jiwa sosial dan kepemimpinan mahasiswinya. Organisasi ini diperuntukkan untuk seluruh mahasiswi, baik beasiswa atau reguler.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Public Speaking

Program public speaking wajib diikuti seluruh penghuni asrama UIN Jakarta. Hal ini bertujuan mahasiswa bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka diperoleh di kampus. Adanya pembelajaran public speaking, mereka terlatih berbicara.

Latihan ini dinilai mampu melatih mahasiswa tidak malu tampil di depan umum. Persoalan utama, banyak mahasiswa mendapat kesulitan dalam berbicara. Mereka sulit tampil di hadapan publik. Tak heran, asrama putri ingin mahasiswa bisa aktif, cerdas, dan berprestasi.

Ilustrasi Public Speaking

Bagi mahasiswa yang telah habis masa tingga di asrama, mereka akan mampu bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa lain dari berbagai kampus.

Ditulis oleh Ratih Purnama Sari

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Penasaran kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Lanjutkan Membaca ↓