Sukses

Hebat, Pesona Blogger di Era Digital Tak Kalah dari Jurnalis

Pemanfaatan era digital membuat nama blogger makin terkenal.

Citizen6, Jakarta Jika kamu ingin menjadi penulis, salah satu hal yang ditanyakan bagaimana cara menulis dengan baik. Memasuki era digital, kita mudah mempublikasikan segala sesuatunya melalui digital. Berkat dunia digital, kita bisa populer sekaligus memanfaatkan digitalisasi, terutama para blogger.

Pesona blogger semakin marak di era digital. Mereka dianggap mulai menyaingi para jurnalis. Meskipun berbeda antara jurnalis dan blogger, para blogger tak kalah aktif. Beberapa Komunitas Blogger yang penulis ikuti seperti Koalisi Pesona Indonesia Kabar Indo, Komunitas Tau Dari Blogger, maupun blogger yang mulai mengibarkan sayap menulis ke Forum Liputan6.com.

Melalui komunitas Campus Citizen Journalist Liputan6.com, penulis sering kali diundang untuk berbagai kegiatan. Misal, kegiatan unik yang penulis ikuti di blogger Koalisi Pesona Indonesia Kabar Indo. Koalisi ini melakukan branding Indonesia good news dalam soal perfilman, artis, dan lain sebagainya.

Blogger Koalisi Pesona Indonesia

Dari keaktifan di Koalisi Pesona Indonesia Kabar Indo, penulis membuat media blog untuk para akademisi soal branding Indonesia juga yakni mengintipnusantara[dot]com, membuat bisnis online suvenir berbekalkan blog di graduatedshop[dot]weebly[dot]com, dan merintis Sianida Comics. Dampak positifnya, karier menulis sang penulis menghiasi berbagai platform buku digital.

Namun, bagaimana cara memaksimalkan semua itu lalu mengasahnya dari awal? Jika kamu pernah mendengar banyak penulis, pengusaha, dan sebagainya sukses karena digital. Itu bukan hanya hoax, melainkan benar adanya.

Banyak pengusaha muda sukses yang berhasil memperoleh harta miliaran hingga triliunan dari memanfaatkan dunia digital, salah satunya Mark Zuckerberg. Mark Z hanyalah salah satu dari sekian banyak orang yang sukses dengan digital.

Toko Suvenir Wisuda

Di era digital, setiap penulis menjadi memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menghasilkan karya tulisan. Setiap penulis memiliki hak untuk terkenal di media sosial dengan tulisannya.

Raditya Dika yang terkenal dari blognya atau perusahaan cetak yang mulai beralih ke digital. Kini, beredar web dan aplikasi yang bertujuan mempublikasikan buku digital. Fenomena ini termasuk fenomena menarik yang patut dipotret.

Ditulis oleh Dewi Sri Tunjungsari

Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah

Penulis, Blogger, Founder, dan Bussiness Woman

Ingin tahu kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini