Sukses

Mengintip Model United Nations (MUN) ala Mahasiswa Indonesia

Kegiatan simulasi sidang PBB dikenal dengan Model United Nations (MUN) menjadi stimulus mahasiwa aktif di kancah internasional

Campus Cj Story- Dewasa ini, kerap kita temui kegiatan-kegiatan mahasiswa di Indonesia berbasis internasional, berbentuk seminar, workshop, maupun simulasi sidang PBB. Tidak dipungkiri, bahwa kreativitas dan imajinasi mahasiswa banyak yang mengarah kepada keinginan keterlibatan diri di kancah internasional, khususnya dalam diskusi di forum-forum internasional. Di kalangan mahasiswa internasional, kegiatan semacam simulasi sidang PBB dikenal dengan Model United Nations (MUN). Layaknya seorang diplomat, peserta (delegasi) berperan sebagai perwakilan dari negara tertentu yang membawa kepentingan negara dalam sidang. Kemudian delegasi melakukan dialog secara formal dalam sebuah forum untuk membahas mengenai isu yang diagendakan, seperti yang terjadi pada sidang PBB sungguhan.

Di Indonesia, kegiatan semacam ini telah banyak diselenggarakan oleh mahasiswa yang tertarik pada isu-isu internasional. Euphoria MUN marak terdengar sejak tahun 2000-an. MUN yang sering menjadi langganan dan tidak pernah sepi peminat seperti Indonesia.

MUN dipelopori oleh mahasiswa UI, JAVA MUN oleh mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Padjajaran MUN oleh mahasiswa UNPAD, Bali MUN oleh mahasiswa Universitas Udayana, President MUN oleh mahasiswa President University, dan masih banyak lagi.

Masing-masing MUN memiliki karakteristik dan tentu memberikan kesan bagi para delegasi. Sebagai contoh, JAVA MUN yang sudah ada sejak 2014, selalu mengusung tema kebudayaan Indonesia seperti Jawa dan Sunda. Bukan hanya suasana konferensi yang dibuat sangat formal dan menyerupai sidang PBB sungguhan, tetapi dalam rangkaian acaranya terdapat kegiatan seperti Gala Dinner dan City Tour yang menjadi andalan dari acara tersebut. Bahkan di tahun ketiga ini, yang akan dilaksanakan pada 16 – 19 Mei mendatang, kegiatan City Tour membawa misi promosi wisata bahari Indonesia, Kepulauan Seribu, kepada seluruh delegasi khususnya dari mancanegara.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan kreativitas mahasiswa dalam mengolah acara, sekaligus dapat membantu pemerintah untuk memperkenalkan kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia.

Penulis :

Innesyifa Haqien - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Instagram :
@innesyifa

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi  informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6@gmail.com serta follow official instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini