Sukses

Tradisi-tradisi Kelulusan Sekolah Paling Unik dari Seluruh Dunia

Selain Indonesia, negara-negara lain ternyata memiliki tradisi unik untuk merayakan kelulusan mereka

Citizen6, Jakarta - Beda tempat tentu beda pula budayanya, hal ini juga berlaku dengan perayaan kelulusan sekolah yang saat ini sedang dialami oleh para murid SMA. Beragam acara dilakukan: mulai dari syukuran bersama pihak sekolah, hingga pesta bersama orang-orang tercinta. Nah berbicara tentang kelulusan sekolah, tentu setiap negara memiliki cara yang berbeda saat merayakannya.

1. Tradisi kelulusan Unik dan Ramah Anak SMA Norwegia

Di negara paling utara Eropa ini ada sebuah tradisi yang selalu dan sudah menjadi kewajiban yang dilakukan oleh murid SMA di kala kelulusan tiba. Ya, bagi para Russ (sebutan anak SMA di sana) akan merayakan kelulusan sekolahnya dengan mengenakan celana panjang dan topi merah selama tanggal 1 Mei hingga hari konstitusi pada 17 Mei setiap tahunnya.

Anak SMA Norwegia akan menyewa sebuah mobil atau bis di malam tanggal 16 Mei sebelum kelulusan tiba. Layaknya sebuah kemenangan, para siswa ini akan meminum alkohol seusai tradisi masyarakatnya dan memutar musik dengan keras.

Keesokan harinya tanpa mandi dan berganti baju dan hanya mengandalkan pakaian bekas pesta para Russ ini akan kembali membaur dengan masyarakat untuk merayakan hari kemenangan mereka atau hari Konstitusi Norwegia.

2. Tradisi Lepas Kancing Baju Tanda Kelulusan di Jepang

Nah yang satu ini mungkin bisa dikatakan sangat unik dan sarat akan makna. Di negeri Sakura ada sebuah tradisi yang sudah menjadi turunan pasca lulus dari sekolah. Para pelajar lelaki akan melepaskan kancing baju dari seragamnya (Gakuran). Adapun maksud dari melepas kancing mereka bukan untuk hal yang mesum melainkan untuk dijadikan kenangan dan diberikan kepada para gadis yang disukainya waktu di sekolah.

Adapun dua kancing paling atas akan selalu menjadi yang spesial karena letaknya yang paling dekat dengan hati. Dan seragam adalah pakaian yang mereka pakai selama menempuh tiga tahun pendidikan di sekolah. Jadi kedua kancing tersebut adalah wakil dari perasaan yang mereka emban selama sekolah sampai kelulusan. Keren yah tradisinya, coba di Indonesia gitu pasti senang deh!!

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.