Sukses

Gagal Masuk Jurusan Favorit, 4 Motivasi Ini Bikin Kamu Semangat

Bagaimana reaksi kamu saat membuka situs pengumuman tertulis jawaban, “Maaf, kamu belum diterima."

Citizen6, Jakarta Setelah berminggu-minggu kamu tidak bisa tidur. Penantian itu tiba juga. Pengumuman penerimaan jurusan kuliah yang sudah kamu impikan memang tidak kalah membuat jantungan. Jurusan yang telah dipilih menyangkut masa depan kamu.

Bagaimana reaksi kamu saat membuka situs pengumuman pendaftaran jurusan kuliah tertulis jawaban, “Maaf, kamu belum diterima." Ucapan “Ambil hikmahnya saja” menjadi sesuatu yang kurang mengena di hati. Apa lagi kata-kata bijak dari teman yang kurang membuatmu terhibur.

Satu-satunya penyemangat yang dapat kamu dengar adalah ucapan dari diri sendiri. Untuk menyembuhkan patah hati kamu karena belum diterima memang hanya kamu saja.

"Itu kegagalan kamu, tapi bukan salah kamu"

Sulit  menyalahkan diri sendiri saat menghadapi kegagalan masuk jurusan kuliah yang kamu harapkan. Tapi, kamu bisa saja. Seseorang yang sering menghadapi kegagalan akan berpikir kalau ia sudah melakukan hal yang salah.

Ilustrasi Gagal

Kamu boleh memikirkan kesalahan sebagai bahan evaluasi. Namun, hindari menyalahkan diri sendiri dan menganggap diri sendiri adalah orang yang gagal.

“Tidak, kamu tidak begitu”

Sebaiknya, berhenti mendengar komentar orang lain. Apa pun yang kamu lakukan pasti orang lain tidak akan berhenti komentar.

Ilustrasi Gagal

Kalau ada teman yang menganggap kamu termasuk orang yang gagal, segera tutup telinga atau jadikan itu motivasi agar makin semangat.

Ingin tahu kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini