Sukses

Ilmuwan Temukan Spesies Jenis Baru, Burung Biseksual

Spesies burung di Panama ini diketahui biseksual karena tampak menyayangi burung jantan muda lainnya

Citizen6, Jakarta - Burung terkenal karena perilaku sosial mereka yang kompleks. Dari penguin yang hidup berkelompok, hingga gagak yang memiliki kemampuan koperasi. Kali ini, ilmuwan mengklaim temukan mengejutkan lainnya.

Pertama kalinya, ilmuwan mengamati secara detail kehidupan sehari-hari sekelompok burung sapayoa (Sapayoa aenigma). Dan dari pengamatan tersebut, ilmuwan menemukan bahwa spesies burung yang satu ini ternyata termasuk burung yang biseksual.

Dilansir dari iflscience, Selasa (03/05/2016), para ilmuwan mempelajari dua sarang aktif sapayoa, jenis burung hijau-kuning yang ditemukan di Panama. Dalam pengamatan itu, mereka menemukan perilaku kooperatif dua burung berusia remaja yang membantu burung dewasa memberi makan.

Mereka juga mengobservasi perilaku burung jantan dewasa yang tampak menyayangi burung jantan muda lainnya. Kemungkinan hal ini terkait dengan dominasi sosial mereka.

"Sapayoa sangat berbeda dari spesies burung lainnya. Hanya sedikit yang diketahui dari burung ini," ujar Benjamin Van Doren yang ikut dalam penelitian tersebut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.