Tuang Logam Panas ke Dalam Kelapa, Ini yang Terjadi

Oleh Sulung Lahitani pada 26 Apr 2016, 12:00 WIB
Tuang Logam Panas ke Dalam Kelapa, Ini yang Terjadi

Citizen6, Jakarta - Selalu menarik mengamati percobaan yang dilakukan oleh beberapa orang atas dasar ilmu pengetahuan. Masih ingat dengan percobaan logam panas dituang ke atas burger? Ternyata burger-nya tidak hancur.

Kali ini orang yang sama mencoba melakukan percobaan baru. Apa yang terjadi saat logam panas dituang ke dalam buah kelapa? Hasil yang didapat sangat menarik.

Dalam video tersebut, pria itu menyiapkan buah kelapa utuh yang dilubangi bagian atasnya lalu airnya dibuang. Selanjutnya, ia mengambil logam cair dengan suhu 1.085 derajat Celcius.

Kemudian, pria itu menuangkan logam cair panas ke dalam kelapa. Percobaan ini tidak boleh dilakukan sembarangan tentunya. Sebab logam cair panas bisa amat berbahaya.

Selanjutnya, hal yang menarik terjadi. Awalnya mungkin Anda mengira buah kelapa tersebut meledak. Tapi ternyata tidak.

Saat logam cair panas dituangkan ke dalam buah kelapa, logam cair tersebut seperti mendidih. Padahal buah kelapa tersebut tidak dipanaskan. Tapi logam cair itu seperti dipanaskan dengan suhu tinggi sampai mendidih.

Pria itu terus menuang logam cair ke dalam buah kelapa hingga habis. Semakin lama, logam cair makin menggila, menciprat ke mana-mana.

Ketika selesai, air pun dituang ke dalam buah kelapa berisi logam cair panas tadi. Setelah dingin, pria itu membelah kelapa. Nah, sampai di sini, hal unik kembali terjadi.

Daging kelapa di bagian dalam tidak rusak sama sekali. Paling agak hangus di bagian luarnya saja. Namun bila bagian hangus tersebut dibersihkan, daging kelapa sepertinya masih bisa dikonsumsi. Malahan, logam cari tadi mengeras dengan bentuk seperti buah kelapa itu sendiri.

Tidak dijelaskan mengapa hal itu dapat terjadi. Tapi dapat ditarik kesimpulan kalau daging buah kelapa dapat menahan panas tinggi seperti logam cair panas. Menarik, bukan?

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6