Sukses

SMF 2016 untuk Pulau Weh Agar Lebih Mendunia

Keindahan Pulau Weh memang cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun asing.

Citizen6, Banda Aceh - Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata RI, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, serta Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Sabang kembali menggelar Sabang Marine Festival (SMF) 2016 yang kedua mulai 26-30 April di Pulau Weh, Sabang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Drs. Reza Fahlevi, M.Si menyebutkan, kegiatan SMF ini menjadi langkah baik untuk memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang pada masyarakat internasional.

“Kegiatan Sabang Marine Festival tujuannya memang untuk mengenalkan potensi wisata bahari, khususnya bagi para pelayar dan mempromosikan Sabang sebagai Destinasi Wisata Kapal Yacht dengan “Marina Lhok Weng” sebagai salah satu destinasi wisata bahari,” kata Reza.

Penyelenggaraan Sabang Marine Festival 2016, ucap Reza, tidak hanya berfokus pada kegiatan berbasis laut dan pelayaran saja. Selain itu, ada serangkaian kegiatan menarik dengan melibatkan masyarakat dan komunitas serta pelayar kapal yacht. Hal ini tentu untuk menarik minat wisatawan.

Seperti diketahui, jumlah kunjungan wisatawan ke Sabang semakin meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2015 jumlah kunjungan wisatawan mencapai 629.217 orang terdiri atas 623.635 wisatawan Nusantara dan 5.582 wisatawan mancanegara. Untuk Triwulan I (Januari-Maret 2016) jumlah kunjungan telah mencapai 43.486 wisatawan terdiri atas 42.800 wisatawan Nusantara dan 686 orang wisatawan mancanegara.

“Target kunjungan dengan adanya penyelenggaraan SMF ini kita perkirakan mencapai 1500 wisatawan, baik dari wisatawan Nusantara (wisnus) dan juga wisatawan mancanegara (wisman),” katanya.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh Rahmadhani, M.Bus menyebutkan, pada tahun kedua ini SMF yang mengangkat tema “Pesona Wisata Bahari Sabang” juga menghadirkan sejumlah kegiatan yang berbasis lokal, seperti permainan interaktif, penampilan budaya, Jelajah Pulau Weh, Sabang dan tur tsunami  di Banda Aceh.

“Beberapa kegiatan interaktif yang terangkum dalam rangkaian kegiatan SMF meliputi Sabang Marine Blogging Competition, Fun Bike dan Fun Walk, Lomba Mewarnai bertema Lomba dan Pameran Photo, Sabang Wonderful Art Week, Lomba Tangkap Bebek, Lomba Mancing, Lomba Tarik Tambang, Lompat Karung, Lomba Bakiak, Lomba Panjat Pinang dan hiburan menarik lainnya,” kataya.

Pembukaan SMF 2016 direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Aceh dan Penasihat Kehormatan Menteri Pariwisata RI, Prof. Dr. Ir. Indroyono Soesilo mewakili Menteri Pariwisata RI yang akan dihadiri oleh para pelayar internasional dan masyarakat.

Hingga saat ini sejumlah kapal layar (yacht) sudah mulai berdatangan ke Teluk Sabang. Nanti akan ada 20 kapal nantinya ikut ambil bagian dalam mengikuti SMF 2016.***

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini