Sukses

6 Website yang Sebaiknya Kamu Kunjungi agar Skripsi Cepat Kelar

Jika kamu berharap artikel ini berisi alamat biro jual beli jasa penggarapan skripsi, kamu salah besar.

Citizen6 Jakarta - Skripsi merupakan tugas wajib yang harus diselesaikan oleh mahasiswa tingkat akhir untuk menyandang gelar Strata 1. Namun proses menggarap skripsi tak mudah dan kerap menemui halang rintang. Banyak mahasiswa yang akhirnya gagal alias drop out hanya karena tidak bisa merampungkan skripsi. Salah satunya karena data penelitian dimentahkan dosen lantaran kurangnya sumber pustaka.

Akan tetapi, jangan khawatir apalagi ciut nyali. Berdasarkan informasi yang dapat dikumpulkan tim Citizen6 ada setidaknya enam situs di internet yang dapat membantu mempermudah mencari sumber data skripsimu.

Apa saja, berikut ulasannya.

1. Google Scholar

Situs buatan Google ini menyediakan publikasi karya ilmiah yang lumayan lengkap. Dalam laman ini, kamu bisa menemukan jurnal-jurnal secara online. Kabar gembiranya, karya ilmiah dalam situs ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Caranya tinggal mengetik di kolom pencarian dengan kata kunci yang kamu inginkan lalu unduh.

2. Library Genesis

Sebagaimana Google Scholar, situs ini menyediakan ratusan ribu jurnal dan buku berformat PDF, mobi, hingga ePub. Semua prodi kuliah mulai dari ekonomi, politik, sosial, dan budaya ada di situs ini. Akan tetapi, kamu harus berhati-hati saat mengetik kata kunci karena salah sedikit, situs ini akan menampilkan artikel yang sesuai kata kunci. Sehingga tidak menutup kemungkinan kamu akan salah mengunduh.

3. Microsoft Academic

Situs besutan microsoft ini sangat spesifik dalam memfilter ke jurusan atau bidang kuliah yang kamu inginkan. Dalam mencari jurnal, situs ini juga tergolong lebih mudah ketimbang situs lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

selanjutnya

4. Open Library

Jika kamu mahasiswa sosial dan humaniora, pilihan situs Open Library sangat tepat. Situs ini sangat teliti terkait akurasi sehingga hanya artikel-artikel yang tepercayalah yang ada di situs Open Library ini.

5. Literature

Jika kebetulan kamu ingin mencari karya ilmiah tentang sastra atau literatur sejarah, situs ini tepat kamu kunjungi. Ribuan buku dari sastrawan ternama dunia bebas diakses di situs ini. Kamu tidak akan menghabiskan banyak kuota internet, karena situs ini hanya menampilkan tulisan. Tapi sayangnya kamu tidak bisa mengunduh dalam format pdf, epub, atau kindle.

6. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Rasanya kurang sopan kalau karya bangsa sendiri tidak dimasukkan dalam daftar situs yang tepat kamu kunjungi saat mengerjakan skripsi. Perpusnas RI, memiliki koleksi jurnal-jurnal ilmiah dan kamu bisa mengunduhnya secara gratis. Syaratnya kamu hanya harus mendaftar anggota terlebih dahulu melalui webiste yang disediakan. Cara mendaftarnya tak lebih susah saat kamu mendaftar akun di media-media sosial.

Bagaimana, masih mengeluh soal skripsi? Tentu situs-situs itu semua tidak ada artinya jika kamu malas mengerjakan skripsi. Ingat, skripsi hanya berlangsung sekali seumur hidup. Akan lebih arif jika kamu menyelesaikannya sendiri. Lawan rasa malas dan selesaikan apa yang telah kamu mulai. Semoga lancar.

(war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.