Sukses

Anti-Diktator Nazi, 5 Aktris Jerman Ini Bernasib Tragis

Dewi fortuna yang menaungi para aktris mulai sirna saat 'dijajah' oleh pemerintahan negeri sendiri.

Citizen6, Jakarta Perang Nazi Jerman menyisakan sejarah kelam yang meninggalkan kenangan berharga. Adolf Hitler sebagai diktator yang berkuasa membuat berbagai kebijakan yang berdampak besar bagi perubahan negara. Perubahan besar tidak hanya rakyat yang merasakan, melainkan para pelaku seni produser film hingga artis.

Sejarah mencatat nama-nama aktris di era sebelum Nazi berkuasa. Mereka menjadi simbol kecantikan dan digilai masyarakat. Tak disangka, Dewi Fortuna yang menaungi para aktris mulai sirna saat 'dijajah' oleh pemerintahan negeri sendiri.

Banyak aktris yang menghilang dan lari keluar dari Jerman. Bahkan beberapa di antaranya, bunuh diri karena tidak mau mengikuti perintah dan kebijakan diktator pemerintahan Nazi.

1.Lilian Harvey

Aktris kelahiran Inggris yang tinggal di Jerman sejak berusia 8 tahun. Harvey telah dilatih berakting untuk diorbitkan menjadi bintang film sejak kecil. Kesuksesan pun diraihnya. Hal itu mengantarkannya keliling Eropa.

Forum Liputan6

Pada tahun 1935, Harvey memutuskan pindah ke Amerika Serikat untuk memulai karier yang baru. Sayangnya, nasibnya tidak bagus. Ia menyadari berkarier di Amerika Serikat tak secemerlang di Jerman. Ia lebih sering bermain di peran-peran kecil. Akhirnya, ia kembali ke Jerman pada tahun 1935.

Harvey kembali sukses meraih kejayaannya di Jerman. Ia menjadi aktris musikal favorit Adolf Hitler. Harvey memutuskan pensiun dari dunia perfilman pada 1942. Ia kembali pindah ke Amerika Serikat untuk bekerja sebagai sukarelawan. Beruntung bagi Harvey, sebab ia pergi di saat yang tepat sebelum Perang Dunia II meletus di negara tersebut.

2.Kristina Soderbaum

Kristina adalah salah satu aktris di era Nazi yang paling sukses. Kesuksesannya tak lepas dari hubungan baik sang suami dengan propaganda Nazi. Kariernya berjalan mulus karena Kristina selalu bersedia terlibat dalam semua film propaganda.

Forum Liputan6

Walaupun dinilai sukses, Kristina lebih dikenal sebagai boneka propaganda Nazi. Ia juga dituntut sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas kematian rakyat Yahudi akibat propaganda yang disebarkannya melalui film.

Penasaran dengan kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.